Si Genius Fisika, Albert Einstein

Si Genius Fisika, Albert Einstein – Einstein merupakan seorang Jerman. Albert Einstein lahir di Jerman pada tanggal 14 Maret 1879. Albert Einstein merupakan ahlinya teori fisika. Albert Einstein mengembangkan teori umum relativity, yang merupakan satu dari pilar fisika modern (bersama dengan mekanik kuantum).einstein

Temuan Albert Einstein juga dikenal akan pengaruhnya pada filosofi ilmu pengetahuan. Albert Einstein sangat dikenal dengan formula keseimbangan massa energy nya E = mc2 (yang diesebut sebagai persamaan paling dikenal di dunia). Albert Einstein menerima nobel penghargaan Fisika di tahun 1921 untuk teori fisika yang telah dia berikan, khususnya penemuan Albert Einstein atas hokum pengaruh fotoelektrik, yang merupakan langkah yang penting di dalam evolusi teori kuantum.

Di awal karirnya, Albert Einstein memikirkan bahwa mekanik Newton tidak lagi cukup untuk menguatkan hukum mekanik klasik dengan hukum lapangan elektromagnetik. Ini menuju pada pengembangan teori special relativity. Albert Einstein menyadari bagaimanapun prinsip relativity dapat dikembangkan menjadi area gravitasi dan dengan teori Albert Einstein yang berikutnya yaitu teori gravitasi di tahun 1916, Albert Einstein mempublikasikansebuah tulisan dalam relativity umum.

Albert Einstein terus menyelesaikan masalah mekanik statistic dan teori kuantum, yang menggiring penjelasannya terhadap teori partikel dan gerakan molekul. Albert Einstein juga menginvestigasi sifat panas dari cahaya yang membuat dasar dari teori foton cahaya. Di tahun 1917, Albert Einstein menerapkan teori umum relativity untuk model struktur skala besar alam semesta.

Albert Einstein mengunjungi Amerika serikat ketika Adolf Hitler datang untuk berkuasa di tahun 1933 dan menjadi yahudi, tidak kembali ke Jerman dimana Albert Einstein telah menjadi seorang professor di Berlin Academy of Sciences. Albert Einstein menetap di Amerika Serikat menjadi warga Negara Amerika di tahun 1940.

Pada malam perang dunia II, Albert Einstein mengusahakan sebuah surat kepada Presiden Franklin D Roosevelt menyiapkannya untuk pengembangan potensial ‘bom yang sangat kuat tipe baru’ dan merekomendasikan Amerika serikat memulai penelitian yang sama. Ini membawa yan akan menjadi projek Manhattan.

Albert Einstein mendukung ketahanan kekuatan Allied tetapi dicela secara besar-besaran ide penggunaan tenaga terbaru pemecahan nuklir sebagai senjata. Kemudian, bersama filosofer Inggris Bertrand Russel, Albert Einstein bergabung dengan Institute for Advanced Study di Princeton New Jersey hingga kematiannya di tahun 1955.

Albert Einstein mempublikasikan lebih dari 300 tulisan ilmiah bersama dengan lebih dari 150 karya non ilmiah. Pada tanggal 5 Desember 2014, universitas-universitas dan tempat penyimpanan mengumumkan pelirisan karya ilmiah Albert Einstein, terdiri dari lebih dari 30.000 dokumen unik. Semua pencapaian kecerdasan Albert Einstein   dan keaslian telah menjadikan kata Einstein disama artikan dengan kata genius.

Setelah lulus pendidikan, Albert Einstein mendapat pekerjaan sebagai asisten penguji di kantor paten Swiss. Albert Einstein mengevaluasi pengajuan paten untuk berbagai mesin. Albert Einstein banyak mengevaluasi yang berkaitan dengan transmisi sinyal listrik dan singkronisasi waktu listrik mekanik, dua masalah ini yang membawa Albert Einstein ke kesimpulan radikalnya tentang sifat cahaya dan hubungan dasar antara tempat dan waktu.

Albert Einstein diberi penghargaan PhD oleh University of Zurich dengan disertasinya berjudul ‘A New determination of Molecular dimentions’. Pada tahun yang sama juga Albert Einstein mengeluarkan tulisan yang berisi pengaruh fotoelektrik, pergerakan Brownian, Relativity khusus dan persamaan massa dan energy yang membawanya dikenal di dunia pendidikan. Albert Einstein mengajarkan electrodynamics dan prinsip relativity di University Zurich di tahun 1909.

Di tahun 1911, Albert Einstein menjadi professor di universitas di Jerman. Pada tahun 1911, berdasarkan perhitungan Albert Einstein tentang teori umum relativity bahwa cahaya dari bintang lain akan cenderung membelok oleh gravitasi matahari. Berkat ini Einstein menjadi terkenal di dunia bahkan surat kabar Inggris The Times menulis berita “ Revolution in Science-New Theory of the Universe-Newtonian Ideas Overthrown”. Pada tahun 1921, Albert Einstein mendapatkan penghargaan Nobel dalam fisika dan di tahun 1925 mendapatkan Copley Medal.

Setelah berpindah-pindah dalam beberapa tahun akhirnya pada tahun 1935 Albert Einstein memutuskan untuk menetap di Amerika serikat dan mengajukan kewarganegaraan, akhirnya mendapatkannya pada tahun 1940. Albert Einstein bergabung dengan Institut for Advanced Study sampai tahun 1955 karena kematiannya.

Albert Einstein sangat mencintai music salah satu quotenya mengatakan bahwa ‘Jika saya bukan seorang Fisikawan, saya mungkin akan menjadi musisi. Saya sering berfikir dalam music. Saya hidupkan mimpi saya dalam music. Saya melihat hidup saya dalam sudut pandang music..saya mendapatkan banyak kesenangan di kehidupan saya karena musik’. Pada tanggal 17 april 1955, Albert Einstein mengalami pendarahan tetapi Albert Einstein menolak operasi dengan mengatakan ‘saya ingin pergi ketika saya ingin.

Ini tidak berharga untuk membuat memperpanjang hidup. Saya telah melakukan bagianku, ini waktunya untuk pergi. Saya akan melakukannya secara elegan. Albert Einstein meninggal di Princeton Hospital ketika berumur 76 tahun. Tubuhnya dikremasi dan abunya disebarkan di lokasi terbuka. Namun, otak Einstein dipisahkan dan disimpan oleh Thomas Stoltz Harvey tanpa sepengetahuan keluarga.

Baca juga : Biografi Penemu DNA James Watson

Loading…

2 thoughts on “Si Genius Fisika, Albert Einstein

  1. Pingback: Aristoteles, Filosofer dan Ilmuwan Yunani | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Biografi Sir Isaac Newton, Seorang Ilmuwan | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *