Si Merah (Buah Naga) yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Si Merah (Buah Naga) yang Bermanfaat untuk Kesehatan – Mungkin ada beberapa orang yang sering mengkonsumsi buah naga atau bahkan ada yang belum pernah mencicipi atau makan buah naga sama sekali. Perlu diketahui bahwa buah naga (dragon fruit) yang berasal dari Mexico ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

a

Buah naga adalah buah yang dihasilkan oleh tanaman dari jenis kaktus yaitu dari marga Selenicereus dan Hylocereus. Banyak orang yang menganggap bahwa buah ini berasal dari Cina karena buah ini selalu digunakan oleh orang Cina dalam ritual-ritualnya. Pada kenyataannya buah ini aslinya berasal dari Amerika Latin lho kemudian menyebar ke Australia, Israel, Cina, serta negara Asia Timur lainny (Srilanka) dan Asia Tenggara. Nah di Indonesia, buah naga ini dapat ditemukan di supermarket, swalayan, pedagang buah bahkan di pasar-pasar sekalipun. Ini karena buah naga sudah banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia.

Sebenarnya buah naga mempunyai dua jenis warna yaitu merah dan putih. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan menyatakan bahwa jenis buah naga merah yang mempunyai lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh seseorang. Tetapi bukan berarti buah naga putih tidak punya khasiat atau manfaat sama sekali ya bagi tubuh kita, buah naga merah saat ini lebih unggul bila dibandingkan dengan yang merah. Bauah naga ini dapat dikonsumsi tanpa harus diolah terlebih dahulu (langsung makan) atau dapat di jus.

Sebenarnya kandungan senyawa apa saja si yang terdapat pada buah naga merah? Yuk kita intip. 100 buah naga mengandung protein 0, 53 g; kalori 60 kkal, serat 0,71 g; karbohidrat 11,5 g; fosfor 87 mg; kalsium 134,5 mg; zat besi 0,65 mg; vitamin C 9,4 mg dan kandungan air 90%. Manfaat yang diperoleh apabila kita mengkonsumsi buah naga adalah.

  • Sumber Vitamin C: dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan buah naga yang dikeringkan mengandung 10 kali lebih banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh.
  • Sumber Vitamin B1 (tiamin) yang berfungsi dalam memproses karbohidrat dan menghasilkan energi bagi tubuh.
  • Sumber vitamin B3 (niacin) yang bermanfaat bagi anda yang mempunyai masalah kadar kolestrol tinggi dan masalah tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi buah naga secara langsung dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi.
  • Sumber vitamin B12 yang dapat menjadi perangsang nafsu makan yang baik terutama bagi orang-orang yang sedang dalam masa penyembuhan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga.
  • Kaya serat (mengandung serat yang cukup tinggi) yang bermanfaat dalam sistem pencernaan yaitu mengatasi beberapa masalah pencernaan (sembelit atau susah buang air besar).
  • Kaya mineral (fosfor dan kalsium) yang berfungsi dalam pembentukan gigi, tulang, serta perkembangan sel.
  • Kandungan antioksidan yang berperan dalam mencegah dari serangan radikal bebas atau yang dapat menyebabkan kanker serta masalah kesehatan lainnya.
  • Kandungan Protein yang berperan dalam membentuk enzim, hormon, serta senyawa lain.
  • Rendah lemak yang terdapat pada biji-biji kecil dalam buah naga. Biji-biji tersebut merupakan lemak tak jenuh (menurunkan kolesterol baik dan menghilangkan kolesterol jahat).
  • Mengontrol gula darah bagi penderita diabetes tipe 2 karena dapat mengontrol gula darah agar tetap seimbang.
  • Menetralkan racun dalam tubuh seperti merkuri, arsen, dan lain-lain yang sangat membahayakan kesehatan. Racun-racun tersebut dapat dinetralkan dengan mengonsumsi buah naga.

Kesehatan mata karena buah ini mengandung karoten yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Si Merah (Buah Naga) yang Bermanfaat untuk Kesehatan

  1. Pingback: Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur bagi Kesehatan Tubuh | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Inilah 4 Manfaat Bunga Kembang Sepatu | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *