Siapa Bilang Kantuk Tak Bisa Diusir?

Siapa Bilang Kantuk Tak Bisa Diusir? – Apakah anda sering mengalami kantuk di saat-saat yang tidak diharapkan? Seringkali rasa kantuk yang datang tidak pada waktunya sangat mengganggu aktifitas keseharian.

Seperti ketika sedang mengerjakan tugas kantor, lalu tetiba mulut menguap, mata mulai berair, tubuh menjadi lunglai dan tidak bersemangat. Hal semacam itu bila sering terjadi tentu dapat membuat kinerja kerja kita bisa menurun.

Mengantuk adalah respon tubuh yang meminta kita untuk segera beristirahat. Selain itu salah satu penyebab tubuh diserang rasa kantuk adalah kurangnya pasokan oksigen ke dalam otak. Sering kali rasa kantuk tidak kita harapkan datang ketika sedang melakukan suatu aktifitas seperti sedang belajar, sedang bekerja, sedang berkendaraan, atau sedang melakukan aktifitas yang menyangkut nyawa orang lain seperti seorang dokter yang sedang melakukan operasi.kantuk

Maka berikut beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengusir rasa kantuk yaitu:

  1. Jadikan aktifitas anda menarik

Rasa bosan terhadap rutinitas yang monoton sering kali menjadi pemicu datangnya kantuk. Salah satu cara menghilangkan kebosanan adalah dengan membuat aktifitas anda menjadi lebih dinamis dengan memanfaatkan kreatifitas yang anda miliki. Jika satu pekerjaan membuat anda mengantuk, cobalah mengalihkan perhatian anda kepada pekerjaan lain. Melakukan pekerjaan secara multitasking dapat menghindari anda dari kebosanan yang menyebabkan datangnya kantuk.

  1. Ketika kantuk mulai mendatangi anda, perbanyaklah minum air putih

Air putih yang kaya akan oksigen sangat baik untuk peredaran darah yang mengalir di seluruh tubuh dan di otak kita.

  1. Perkuat tekad anda untuk tidak tertidur saat beraktifitas

Tekad yang kuat dapat mengalahkan kemalasan dan ketidaksemangatan dalam melakukan aktifitas. Tanyakan kembali apa tujuan anda melakukan aktifitas tersebut dan perkuat tekad anda bahwa aktifitas tersebut benar-benar butuh perhatian anda.

  1. Kurangi porsi asupan karbohidrat dan perbanyak konsumsi buah di siang hari.

Kebanyakan karbohidrat dapat memicu timbulnya kantuk, apalagi saat-saat menjelang siang. Maka dianjurkan pada jam-jam sibuk, anda lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan serat.

  1. Lakukan gerakan-gerakan senam ringan.

Nah, yang ini juga ampuh buat ngilangin kantuk yang menyerang secara tiba-tiba ketika kerjaan lagi numpuk. Dengan gerakan senam ringan dapat melenturkan otot-otot tangan, leher, kaki, pinggang yang mulai tegang karena duduk seharian di depan laptop atau di depan diktat.

  1. Menghirup udara segar

Masih dalam rangkaian memenuhi otak dengan oksigen, bila anda mengantuk saat sedang beraktifitas, anda dapat keluar sejenak dari ruangan kerja atau ruang belajar anda, lalu hiruplah sebanyak-banyaknya oksigen.

  1. Minum kopi

Kopi menjadi alternatif terakhir untuk mengusir kantuk. Kenapa menjadi pilihan paling akhir? Karena minum kopi keseringan juga tidak bagus untuk kesehatan. Jadi minumlah seperlunya dan minumlah bila ke-6 tips sebelumnya tidak mempan melawan kantuk di mata anda.

Banyak sekali cara-cara ampuh untuk menghilangkan kantuk. Dan anda dapat mencoba beberapa tips di atas. Terakhir, menurut penulis, sebaik-baik obat penghilang kantuk paling manjur adalah dengan tidur. Biar bagaimanapun, indikasi tubuh yang mulai kelelahan dengan munculnya tanda-tanda mengantuk merupakan alarm tubuh yang menuntut untuk diistirahatkan barang sejenak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Mengobati 6 Penyakit Dengan Mengkonsumsi Jus Sayuran

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *