Siapa Saja Keturunan Tionghoa Yang Memiliki Peran Besar Untuk Indonesia

Beberapa orang berikut memang bukan pahlawan. Akan tetapi mereka memiliki peran dan pengaruh untuk Idonesia. Siapa sajakah mereka?

1. Abdurrahman Wahid

j 22

Abdurrahaman Wahid atau yang akrab disebut dengan Gus Dur merupakan presiden ke 4 Indonesia yang ternyata memiliki darah keturunan Tionghoa. Darah Tionghoa ini, ia dapat dari nenek moyangnya yaitu Tan Kim Han yang menikah dengan saudara Raden Patah yaitu Tan A Lok.

Gus Dur mungkin memang tidak lama memimpin Indonesia. Akan tetapi beberapa kebijakan yang ia buat selama menjadi presiden mempunyai pengaruh yang sangat  besar terhadap Indonesia.

Salah satu kebijakan yang ia buat adalah menghapus deskriminasi terhadap masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia. Dengan kebijakannya tersebut, masyarakat kelompok Tionghoa yang ada di Indonesia bisa menunjukkan keberadaan mereka dan mengenalkan budaya mereka secara luas.

2. Basuki Tjahaya Purnama

j 23

Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok adalah Gubernur DKI Jakarta yang merupakan keturunan Tionghoa. Ia merupakan keturunan Tionghoa pertama yang berhasil memimpin Jakarta.

Sebelum berhasil naik ke posisi orang nomor satu di Jakarta, Ahok adalah Gubernur Bangka Belitung tahun 2007.

Agen Poker

Walaupun banyak yang mendukung pemerintahan Ahok, akan tetapi tidak sedikit pula yang menolak.

Banyak yang merasa bahwa Ahok tidak pantas untuk memimpin Jakarta karena ia adalah keturunan Tionghoa dan juga beragama Kristen Protestan. Akan tetapi walaupun banyak penolakan ia tetap menjalankan tugasnya dengan baik.

Ahok dikenal sebagai sosok Gubernur yang tegas. Ia tak segan menegur dan memarahi bawahannya yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini ia lakukan agar semuanya bisa berjalan dengan baik.

3. Susi Susanti

j 24

Baca Artikel Lainnya :

Bagi kalian yang menyukai dunia olahraga,pasti sudah tidak asing dengan nama Susi Susanti. Wanita keturunan Tionghoa ini adalah atlit bulu tangkis kebanggaan Indonesia yang sekaligus merupakan satu-satunya pemain bulu tangkis Indonesia yang mampu menjuarai kompetisi tingkat dunia.

Pengaruhnya untuk masyarakat Indonesia, terutama atlit bulu tangkis sangatlah banyak. Ia menjadi inspirasi untuk mereka sekaligus pembuktian bahwa Indonesia adalah bangsa yang hebat dan kuat baik di kalangan negeri sendiri maupun negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *