Siapakah Pelaku Ekonomi di Indonesia?

Siapakah Pelaku Ekonomi di Indonesia? – Untuk bisa menjalankan suatu aktivitas ekonomi dibutuhkan adanya penggerak ataupun motor kegiatan ekonomi yakni pelaku ekonomi.

Dimana para pelaku ekonomi ini merupakan adalah semua orang, baik itu individu ataupun lembaga yang menjalankan berbagai aktivitas ekonomi. Mulai dari produksi hingga distribusi dan konsumsi.

Untitled

Jika dilihat secara garis besar, maka pelaku ekonomi sebenarnya bisa dikelompokkan menjadi 5 pelaku yakni rumah tangga, koperasi, perusahaan, masyarakat dan tentunya negara. Semua pelaku ekonomi itu ada yang menempati peran sebagai produsen, distributor dan konsumen.

Rumah tangga keluarga

Pelaku ekonomi yang termasuk dalam rumah tangga keluarga terdiri dari ayah, ibu beserta anak hingga anggota keluarga yang lainnya. Rumah tangga keluarga merupakan pemilik dari berbagai faktor produksi diantaranya barang-barang modal dan tenaga kerja.

Berbagai faktor produksi tersebut akan ditawarkan pada perusahaan, dengan begitu rumah tangga dapat memperoleh penghasilan.

Perusahaan

Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang dikembangkan seseorang maupun sekumpulan orang yang memiliki tujuan guna menghasilkan beragam jenis barang ataupun jasa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh rumah tangga perusahaan meliputi aktivitas di kegiatan konsumsi, distribusi termasuk juga produksi.

Koperasi

Koperasi termasuk sebagai badan usaha yang anggotanya masyarakat maupun badan hukum dengan berlandaskan asas kekeluargaan serta demokrasi ekonomi.

Karena termasuk bagian dari pelaku ekonomi, maka koperasi menjadi organisasi ekonomi dengan usaha untuk menggerakkan potensi sumber daya di bidang ekonomi demi memajukan kesejahteraan seluruh anggotanya.

Masyarakat

Masyarakat yang dikatakan sebagai pelaku ekonomi adalah masyarakat manca negara atau luar negeri.

Masyarakat luar negeri termasuk sebagai salah satu pelaku ekonomi penting dalam perekonomian tanah ait karena memiliki hubungan erat dengan transaksi luar negeri.

Baca Artikel Lainnya :

Bukan hanya transaksi dalam bentuk transaksi perdagangan, akan tetapi juga berkaitan dengan penanaman modal asing, pemberian pinjaman hingga tukar menukar tenaga kerja.

Negara atau pemerintah

Pemerintah terdiri dari badan-badan pemerintah yang memiliki tugas  untuk mengatur aktivitas ekonomi. Contohnya seperti rumah tangga keluarga maupun perusahaan, pemerintah sebagai pelaku ekonomi di Indonesia juga melakukan kegiatan produksi, konsumsi hingga distribusi.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *