Siapakah Presiden yang Menjabat Paling Lama di Indonesia?

Siapakah Presiden yang Menjabat Paling Lama di Indonesia? – Bicara mengenai presiden yang paling lama menjabat di Indonesia, pasti nama Soeharto langsung muncul dalam pikiran kita semua. Soeharto memang satu – satunya presiden Indonesia yang paling lama menjabat.soeharto

Soeharto merupakan presiden Indonesia yang ke dua yang menjabat selama 31 tahun sejak jatuhnya presiden Soekarno dari jabatannya pada tahun 1967 hingga pengunduran diri Soeharto di tahun 1998. Soeharto lahir pada tanggal 8 Juni 1921 di sebuah desa kecil yang disebut Kemusuk, di dekat kota Yogyakarta selama masa colonial Belanda.

Soeharto tumbuh di dalam keluarga yang sederhana. Orang tua Soeharto merupakan seseorang muslim jawa. Orang tua Soeharto bercerai tidak lama setelah Soeharto lahir dan Soeharto dititipkan di antaraorang tua selama masa kecilnya. Selama penjajahan Jepang di Indonesia, Soeharto bekerja di pasukan keamanan Indonesia yang dibentuk Jepang.

Selama Perjuangan kemerdekaan Indonesia Soeharto bergabung dengan pasukan tentara Indonesia yang baru. Soeharto naik pangkat menjadi Mayor Jenderal setelah kemerdekaan Indonesia. Selama peristiwa bersejarah pada tanggal 30 September 1965, pasukan tentara yang dipimpin oleh Soeharto melawan partai komunis Indonesia.

Selanjutnya membawa pembersihan anti komunis yang mana CIA menggambarkan sebagai satu dari pembunuhan masa terburuk di abad ke 20 dan Soeharto merebut kekuasaan dari presiden pertama Indonesia Soekarno. Soeharto menjadi presiden pada tahun 1967 dan terus berlanjut di tahun – tahun berikutnya.

Dukungan untuk kepresidenan Soeharto sangatlah kuat selama tahun 1970an dan 1980an tetapi mulai menurun dikarenakan krisis ekonomi yang berat yang membawa kepada terjadinya kerusuhan – kerusuhan yang menyebar di seluruh Indonesia dan akhirnya diakhiri dengan pengunduran diri Soeharto pada bulan Mei 1998.

Mengenai kepemimpinan Soeharto selama menjabat menjadi presiden Indonesia, Soeharto dikenal sebagai bapak pembangunan Indonesia. Peninggalan kepemimpinan Soeharto selama 31 tahun diperdebatkan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Di bawah pemerintahan orde barunya, Soeharto membangun sebuah pemerintahan yang kuat, terpusat dan didominasi oleh militer. Kemampuan untuk menjaga kestabilan negara Indonesia yang terlentang dan beranekaragam serta mendapatkan banyak dukungan diplomatic dan ekonomi dari Barat.

Selama kepemimpinan Soeharto, Indonesia mengalami pertumbuhan industrialisasi dan ekonomi yang signifikan sehingga secara dramatic meningkatkan standar kesehatan, pendidikan dan kehidupan penduduk Indonesia. Invasi Indonesia terhadap Timor Leste selama kepemimpinan Soeharto menyebabkan setidaknya 100.000 orang yang meninggal.

Ketika tahun 1990an, sikap otoriter pemerintah Orde Baru dan korupsi yang menyebar merupakan sumber ketidakpuasan beberapa kelompok masyarakat. Berdasarkan Transparency International, Soeharto merupakan pemimpin paling korup di dalam sejarah modern, di mana telah diduga menggelapkan uang sebanyak 15 hingga 35 miliar dolar selama kepemimpinannya.

Pada tahun setelah kepresidenannya, percobaan untuk mengadili tuduhan korupsi terhadap Soeharto gagal karena kesehatan Soeharto yang memburuk dan dikarenakan kurangnya dukungan di dalam Indonesia. Pada tanggal 4 Januari 2008, Soeharto dibawa ke rumah sakit Pertamina Jakarta dikarenakan jantungnya melemah, pembengkakan perut. Karena kesehatannya yang semakin memburuk sehingga Soeharto meninggal pada tanggal 27 Januari di Jakarta.

Baca juga : Soekarno, Bapak Kemerdekaan Indonesia

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *