Siapakah Sebenarnya Suku Maya?

Pernahkah anda mendengar Suku Maya? Siapakah Suku Maya sebenarnya? Suku Maya adalah suku yang berada di Amerika Tengah. Suku ini tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudra Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah Timur.

g 72

Suku ini pada zaman batu pernah mengalami masa kejayaan. Suku ini terkenal dengan kemajuan teknologinya sekitar tahun 250 M – 925 M. Suku ini menghasilkan bentuk karya dan sebuah peradaban unik, seperti bangunan (Chinchen Itza), pertanian (kanal drainise), tanaman jagung dan latex.

Suku maya memiliki cara berkomunikasi dan mendokumentasikan hasil karya mereka degan cara yang cukup unik. Tuilisan yang mereka buat menggunakan simbol dan gambar. Hal ini disenut dengan “Glyph”.

Ada dua macam glyph, yakni yang menampilkan gambar utuh dari benda yang dimaksudkan, dan jenis yang menggambarkan sesuatu sesuai dengan suku katanya. Misalnya kata “balam: jaguar”. Kata ini bisa dagambarkan dengan kepala binatang tesebut atau dengan membaginya menjadi tiga suku kata, yakin ba-la-ma.

Suku ini juga mengenal kecantikan pada zamannya dengan membuat tempurung kepalanya menjadi rata.  Mereka melakukannya dengan cara mengaitkan papan di dahi dan tempurung belakang.

Mereka melakukan hal ini sejak anak-anak atau ketika masih bayi. Mereka menganggap bahwa seseorang yang memiliki tulang dahi yang rata adalah orang yang cantik dan anggun di suku Maya.

Suku Maya juga memiliki sepasang senjata traditional. Sebuah senjata khas miliki suku Maya. Senjata ini disebut “Arlatl”. Atlatl adalah semacam busur dan juga panahnya. Selain itu, suku ini memiliki makanan utama yang khas pula. Nama makanannya adalah Tortilla.

Baca Artikel Lainnya :

Suku Maya juga memiliki perhitungan kalender tersendiri. Kalender suku Maya pun tak kalah uniknya dibanding hal-hal diatas. Mereka menggunakan istilah, kin, unial, tun, katun dan baktun. Berikut perhitungannya:

  • 1 hari: 1 kin
  • 20 kin: 20 hari: 1 unial
  • 18 unial: 360 hari: 1 tun
  • 20 katun: 144.000 hari: 1 baktun

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *