Sifat atau Ciri-ciri Tanah Andosol

Sifat atau Ciri-ciri Tanah Andosol – Tanah memiliki beberapa ciri khas yang selalu berbeda dalam tiap daerah. Sebelum mengetahui sifat atau ciri-ciri tanah andosol. Penting untuk mengetahui lebih dulu apa arti tanah andosol. Kata andosol berasal dari satu kata yang mempunyai arti hitam. Dan kata keduanya adalah sol yang bermakna hitam.

a

Tanah andosol atau dapat disebut tanah vulkanik yaitu tanah yang tercipta dari proses andosolization. Proses ini adalah proses yang terjadi akibat pengendapan mineral dari sebuah pelapukan vulkanik dan campuran logam komplek serta humus. Karakteristik yang tanah andosol miliki yang membedakan dengan jenis tanah lain yaitu berkepadatan rendah massal, mempunyai retensi sulfat yang kuat, thixtotropy, karakteristik dari variabelnya.

Selain itu sifat atau ciri-ciri tanah andosol yang lain adalah konstituen koloid tanah andosol yang berguna untuk membantu identifikasi andosol tersebut. Namun, ada satu ciri tanah andosol yang utama yaitu memiliki bahan induk andosol tephra. Tephra tersebut terbentuk dari hasil campuran dari vulkanik ejecta. Yang merupakan salah satu sisa vulkanik yang dapat dihitung komposisi, ukuran, dan morfologinya. Tephra atau kaca vulkanik ini dapat mengalami defresiansi. Hal tersebut dapat dilihat perbadaan banyaknya kandungan dasit, andesit, basalt, dan riolit.

Adapun kandungan mineral pada sifat atau ciri-ciri tanah andosol. Banyak mineral-mineral yang cukup dominan yang terkandung dalam tanah andosol. Selain bahan tephra yang mempunyai konsentrasi tinggi ada juga beberpa logam dalam kandungan andosol yaitu alumunium (Al), besi (Fe), dan Si. Mineral dominan lainnya yaitu berupa imogolite, ferihidrit, haloisit, dan alofan.

Cara untuk mengidentifikasi sifat atau ciri-ciri tanah andosol yaitu sebagi berikut:

  1. Kenali teksturnya

Tanah andosol memiki tekstur yang berdebu.

  1. Mengenali struktur yang dimilki

Struktur tanah yang satu ini remah dengan lapisan bawah berupa gumpalan.

  1. Warna tanah

Seperti arti kata andosol yang berarti tanah hitam. Warna tanah ini adalah coklat kelabu       sampai hitam.

  1. Konsistensi yang dimiliki tanah

Tanah ini memilki konsistensi gembur dan licin berminyak. Selain itu juga bersifat lunak, sedikit asam, tingginya kejenuhan basa, kemampuan absorpsi sedang.

Baca Artikel lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Sifat atau Ciri-ciri Tanah Andosol

  1. Pingback: Cara Membuat dan Memproduksi Kopi Luwak | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Fungsi da Gejala Kekurangan Unsur Kalium (K) | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *