Sifat dan Ragam Pencemaran Lingkungan yang Umum Terjadi

Sifat dan Ragam Pencemaran Lingkungan yang Umum Terjadi – Lingkungan merupakan segala sesuatu yang terdapat di sekitar kehidupan manusia dan dapat mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Lingkungan yang sehat akan membuat kehidupan manusia menjadi lebih sehat pula sehingga terhindar dari penyakit. Namun, tidak sedikit orang yang mengabaikan kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan perilaku yang kurang baik sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Pencemaran tersebut dapat membuat daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun sehingga rentan untuk terjangkit penyakit.

Untitled

Pengertian pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah masuknya suatu zat atau makhluk hidup atau komponen lainnya ke dalam suatu lingkungan sehingga merubah tatanan lingkungan hingga ke tingkat tertentu sehingga lingkungan menjadi tidak baik. Pencemaran ini biasanya terjadi karena perilaku atau kegiatan manusia yang kurang bertanggung jawab. Undang-undang yang mengatur mengenai pengelolaan lingkungan hidup adalah UU No.4 tahun 1982. Walaupun sebagian ditimbulkan karena perilaku manusia seperti membuang sampah sembarangan, membuang limbah tidak pada tempatnya namun, pencemaran lingkungan da[at disebabkan karena faktor tertentu misalnya gas beracun dan gunung meletus.

Sifat dan macam pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan disebabkan karena bahan atau zat tertentu. Bahan atau zat yang menyebabkan pencemaran disebut polutan apabila jumlah melebihi normal, berada di tempat dan waktu yang tidak tepat. Sifat polutan adalah merusak untuk sementara dan dapat merusak dalam waktu yang lama. Jenis pencemaran lingkungan berdasarkan tempatnya yaitu:

  • Pencemaran udara karena disebabkan oleh asap buangan misalnya CO2, SO, SO2, CO, CFD dan asap rokok.
  • Pencemaran air karena masuknya zat atau unsur atau komponen tertentu ke dalam air hingga menyebabkan kualitas air tertentu. Pencemaran ini menurut sumbernya pencemarannya dibedakan menjadi limbah pertanian, limbah rumah tangga, limbah industri, racun untuk menangkap ikan.
  • Pencemaran tanah karena sampah dari rumah tangga, pasar, kegiatan peternakan, pertanian, industri. Sampah yang menyebabkan pencemaran adalah sampah yang tidak dapat dihancurkan oleh jasad renik misalnya sampah plastik.

Akibat yang ditimbulkan dari pencemaran tanah diantaranya adalah kehidupan mikroorganisme dalam tanah akan terganggu, dapat merubah sifat fisika dan kimia tanah yang menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu, dapat mengubah dan mempengaruhi keseimbangan teknologi.

Parameter dari pencemaran lingkungan

Lingkungan dapat dikatakan tercemar setelah dilihat dari parameter-parameter tertentu yang diukur dari parameter fisik, kimia dan biologi. Parameter fisik meliputi dari pengukuran mengenai warna, rasa, bau, kekeruhan, suhu dan radioaktivitas. Parameter kimia meliputi pengukuran keasaman, kadar CO2, pH, kadar logam dan kadar logam berat. Parameter biologi meliputi keadaan hewan, lingkungan dan mikroorganisme dalam lingkungan tersebut. Misalnya planaria dan siput air yang peka pencemaran. Siput air menunjukkan sungai belum mengalami pencemaran lingkungan. Indikator atau parameter biologis terkadang lebih dapat dipercaya jika dibandingkan dengan 2 parameter lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *