Sifat Organisme Tanah dan Interaksinya

Sifat Organisme Tanah dan Interaksinya – Organisme tanah merupakan bagian yang penting dari alam untuk menjaga keseimbangan dalam daur hidup. Walaupun terkadang tidak nampak dan bahkan sering diabaikan, namun kehadiran organisme-organisme tanah ini sangat membantu dalam kehidupan contohnya untuk menggemburkan tanah dan membuat tanah tersebut menjadi subur serta siap untuk digunakan dalam bercocok tanam. Perlu diketahui bahwa organisme tanah ini dibagi kedalam dua bagian yaitu jenis yang makroskopis dan juga mikroskopis atau disebut juga sebagai mikroorganisme

sok

Organisme tanah yang tergolong ke dalam organisme yang makroskopis yaitu cacing tanah. Cacing tanah merupakan organisme yang sangat menguntungkan bagi tanah dan tanaman, hal tersebut karena cacing tanah mampu mengekspresikan kotorannya menjadi bentuk padat dan mineral untuk kemudian menjadi salah satu nutrisi bagi tanaman. Zat-zat yang dikeluarkan oleh cacing tanah ini sudah melalui proses pemilihan dalam saluran pencernaan cacing sehingga zat-zat yang berasal dari tanah tersebut aman dikonsumsi oleh para tumbuhan.

Selain itu, aktivitas cacing tanah yang terus menggali mengakibatkan tanah menjadi terus teraduk dan akan terdapat pencampuran yang alami dari pergerakan yang dilakukan oleh cacing tanah tersebut. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki halaman luas dan ingin anda pergunakan untuk berkebun cobalah untuk mengamati aktivitas pada halaman anda. jika anda menemukan cacing tanah, maka halaman atau lahan anda cocok untuk digunakan sebagai lahan bercocok tanam yang baik.

Organisme tanah lain yang tidak kalah pentingnya yaitu jamur akar atau disebut sebagaimikoriza. Peran jamur ini tentunya sangat penting bagi tumbuhan anda karena mikroorganisme ini memiliki makronutrien yang baik bagi tanaman khususnya pada alam yang lestari. Dengan adanya mikoriza ini akan membantu tanaman anda untuk tetap hidup sehat, kuat dan kokoh selama masa penanaman di dalam tanah. Perlu diingat bahwa mikroorganisme ini tidak berbahaya dan bahkan memberikan keuntungan kepada anda. dari beberapa organisme tanah diatas, dapat kita ketahui bahwa bukan hanya peran kita saja yang dibutuhkan dalam menjaga alam dan kelestariannya namun juga makhluk kecil tersebut bisa juga menjadi bagian besar bagi tanah dan tumbuhan anda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *