Sir Alexander Fleming Ilmuwan di Bidang Kedokteran

Biografi Sir Alexander Fleming Ilmuwan di Bidang Kedokteran – Sir Alexander Fleming lahir pada tanggal 6 Agustus 1881 di Skotlandia tepatnya di dekat daerah – daerah Lochfield Ayrshire. Sir Alexander Fleming merupakan ilmuwan berkebangsaan Skotlandia.fleming

Sir Alexander Fleming merupakan ilmuwan yang focus di bidang kedokteran, di mana Sir Alexander Fleming selama penelitian yang dilakukannya, Sir Alexander Fleming berhasil menemukan sebuah jenis obat bernama penisilin yang merupakan sebuah antibiotik yang didapatkan Sir Alexander Fleming dari fungi Penicillium notatum.

Obat Antibiotik yang ditemukan Sir Alexander Fleming ini dapat membasmi kebanyakan jenis – jenis bakteri yang membahayakan pada tubuh manusia. Karena penelitian – penelitian di bidang kedokteran atau fisiologi yang Sir Alexander Fleming lakukan membawa Sir Alexander Fleming mendapatkan penghargaan Nobel di bidang kedokteran atau fisiologi di tahun 1945.

Sir Alexander Fleming merupakan anak ke tiga dari empat orang anak. Ayah Sir Alexander Fleming bernama Hugh Fleming dan ibu Sir Alexander Fleming yang bernama Grace Stirling Morton. Ayah Sir Alexander Fleming lahir pada tahun 1816 dan ayah Sir Alexander Fleming meninggal pada tahun 1888 ketika Sir Alexander Fleming baru berumur tujuh tahun saja. Ibunya Sir Alexander Fleming, Grace Stirling Morton lahir pada tahun 1848 dan ibunya Sir Alexander Fleming meninggal pada tahun 1928 ketika Sir Alexander Fleming berumur 40 tahun.

Sir Alexander Fleming mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Loudoun Moor School dan juga Darvel School. Kemudian Sir Alexander Fleming menerima beasiswa di Akademi Kilmarnock selama dua tahun belajar di sana. Sebelum akhirnya Sir Alexander Fleming berpindah ke daerah London, Inggris.

Kemudian Sir Alexander Fleming melanjutkan pendidikan tingginya di London, Inggris tepatnya pada Institusi Royal Polytechnic. Akhirnya dengan nasehat dari saudara sepupu Sir Alexander Fleming, ketika di tahun 1903 setelah Sir Alexander Fleming telah bekerja selama empat tahun di kantor pelayaran, Sir Alexander Fleming mencoba mendaftar ke sekolah kedokteran ‘St Mary ’ s Hospital Medical School’ di Paddington. Sir Alexander Fleming dapat menyelesaikan pendidikan kesehatannya sehingga mendapatkan gelar MBBS di tahun 1906.

Sir Alexander Fleming mendapatkan beberapa pengakuan, gelar, dan juga penghargaan dari raja dari Kerajaan Inggris sehingga di bagian depan dan belakang nama Alexander Fleming mendapatkan tambahan gelar seperti Sir, FRS, FRSE, FRCS(Eng) sehingga nama Alexander Fleming menjadi Sir Alexander Fleming, FRSE, FRS, FRCS(Eng).

Sir Alexander Fleming memiliki penyakit jantung dan Sir Alexander Fleming meninggal dikarenakan Sir Alexander Fleming terkena serangan jantung kerika Sir Alexander Fleming berumur 73 tahun pada tanggal 11 Maret 1955 di London Inggris. Jenazah Sir Alexander Fleming dikuburkan di Katedral St. Paul yang berada di London, Inggris.

Baca juga : Ilmuwan Pengusul Skala Temperatur Celsius

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *