Sorang Penemu di Bidang Science, Stephen Hawking

Biografi Sorang Penemu di Bidang Science, Stephen Hawking – Pemilik nama Stephen William hawking ini lahir di Oxport, Inggris pada tanggal 8 Januari 1942. Stephen Hawking adalah seorang Fisikawan teoritikal dan Kosmologis asal inggris. Stephen Hawking juga merupakan autor dan direktur dari lembaga penelitian di Centre for Theoretical Cosmology di dalam University of Cambridge.hawking

Karya ilmiah Stephen Hawking termasuk sebuah kerja sama dengan Roger Penrose pada gravitational singularity theorems (teori perputaran gravitasi yang singular) di dalam kerangka relativitas umum dan prediksi secara teori bahwa black hole (lubang hitam) memancarkan radiasi, sering kali disebut radiasi Hawking.

Stephen Hawking merupakan yang pertama mengumpulkan teori cosmologi yang dijelaskan oleh sebuah penyatuan teori umum dari relativity dan mekanik kuantum. Stephen Hawking merupakan seseorang pendukung yang giat dan penuh semangat dalam menginterpretasikan banyak hal mengenai mekanik kuantum.

Stephen Hawking merupakan seorang anggota kehormatan dari Royal Society of Arts, anggota tetap Pontifial Academy of Science dan seorang penerima Presidential Medal of Freedom, yang merupakan penghargaan tertinggi seorang warga Negara di Amerika.

Stephen Hawking merupakan Lucisian Professsor of Mathematics di University of Cambridge antara tahun 1979 hingga 2009 dan berhasil memperoleh kesuksesan komersial dengan karyanya science popular dimana Stephen Hawking mendiskusikan teorinya sendiri dengan cosmologi secara umum; bukunya A Brief History of Time muncul pada urutan buku terlaris pada Sunday Times Inggris dengan memecahkan rekor 237 minggu.

Stephen Hawking memiliki dua adik perempuan (Philippa dan Mary) dan seorang saudara laki-laki adopsi (Edward). Stephen Hawking menikah sebanyak dua kali dan memiliki tiga orang anak (lelaki Robert, anak perempuan Lucy dan yang ketiga Timothy). Istri pertamanya Jane Wilde menikah pada tanggal 14 Juli 1965.

Stephen Hawking menderita sebuah serangan permulaan yang jarang terjadi, pembentukan yang lambat pada amyotrophic lateral sclerosis yang juga dikenal sebagai penyakit neuron motorik atau Lou Gehrig, ini menyebabkannya lumpuh secara berangsur angsur selama lebih dari seabad. Stephen Hawking, karena menderita penyakit ini, Stephen Hawking berkomunikasi menggunakan sebuah alat yang ditempel di pipi untuk alat atau mesin yang megenerasikan perkataan.

Stephen Hawking secara berangsur kehilangan fungsi tangannya dan di tahun 2005 Stephen Hawking mulai berkomunikasi dengan alat yang mendeteksi pergerakan otot wajahnya, dengan tingkatan dua kata per menit. Stephen Hawking bekerja sama dengan peneliti pada system yang dapat mentranslate pola otak nya atauekspresi wajahnya ke dalam aktivitas perubahan. Pada tahun 2009 Stephen Hawking tidak lagi mampu mengendarai kursi rodanya sendirian.

Stephen Hawking juga semakn sulit bernapas sehingga menggunakan ventilator pada saat itu dan dirawat di rumah sakit bebrapa kali. Film documenter mengenai biografi Stephen Hawking yang berjudul the real Stephen Hawking (2001), Stephen Hawking, Master of the Universe (2008), di tahun 2002 Stephen Hawking : profile dan di tahun 2013 Hawking. Terakhir di tahun 2014 The Theory of Everything.

baca juga : Biografi Penemu Gelombang Frekuensi Herzt – Heinrich Rudolf Hertz

Loading…

2 thoughts on “Sorang Penemu di Bidang Science, Stephen Hawking

  1. Pingback: Kisah Hidup Lester William Polsfuss Penemu Gitar Listrik | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Plato, Seorang Filosofer dari Yunani | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *