Steve Jobs, Si Jenius Pencipta Apple

Steve Jobs, Si Jenius Pencipta Apple – Majunya teknologi informasi saat ini membuat pengembangan alat komunikasi sangat berkembang pesat. Berbagai pencipta alat elektronik ini berlomba-lomba membuat suatu terobosan dan teknologi termutakhir untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Untitled

Salah satu produk komunikasi yang merajai pasar industri tak lain adalah Apple. Adapun seseorang yang sangat berperan penting dalam kemajuan perusahaan ini adalah Steve Jobs atau Steven Paul Jobs.

Pria kelahiran San Fransisco tanggal 24 Februari 1955 merupakan salah satu penemu besar di bidang telekomunikasi dan informasi yang juga merupakan mantan CEO Apple dan juga merangkap sebagai jajaran eksekutif di Pixar Studios. Tahun 2006 dia juga pernah menjabat sebagai anggota direksi Walt Disney dan terdaftar sebagai produser eksekutif dalam film fenomenal Disney, yaitu Toy Story.

Steve Jobs meninggal dunia pada tanggal 5 oktober 2011 di Palo Alto, California. Dia didiagnosis menderita kanker pankreas yang merupakan kehilangan terbesar bagi tokoh revolusi dunia komunikasi di abad 20. Kehilangan Steve Jobs merupakan kehilangan terbesar seseorang jenius dan contoh eksekutif terbaik di dunia.

Berdirinya Perusahaan Raksasa Apple

Apple berhasil didirikan pada tahun 1976 yang merupakan kerjasama antara Steve Jobs, Wozniak, dan Wayne yang didukung besar oleh pendanaan dari manajer produk dan teknisi Intel Mike Markkula Jr.

Sebelum mendirikan perusahaan ini mereka bukanlah apa-apa. Bahkan Wozniak dahulunya merupakan seorang teknisi elektronik dan Jobs sangat ahli dalam merakit komputer. Mereka telah lama berteman dan bersama berusaha membangun perusahaan dengan mencari para eksekutif handal yang berusaha memperluas usahanya.

Perjuangan pertama Apple dalam mencari seorang eksekutif yang berpengalaman diawali dengan merekrut Mike Scott. Namun pada akhirnya usaha ini tidak berhasil mendongkrak nama Apple.

Dan pada tahun 1983 Jobs menawarkan John Sculley yang pada saat itu menjabat sebagai CEO Pespsi Cola dan berhasil menariknya masuk sebagai CEO Apple dengan kata-kata pedasnya, “Apakah kamu mau menjual minuman gula seumuur hidupmu atau kamu mau mengubah dunia bersamaku”.

Itulah sepenggal kata-kata Jobs yang dapat mengubah Sculley untuk bekerja bersama Apple. Berkat usaha yang keras pula dii awal tahun 1984 Jobs memperkenalkan Macintosh yang merupakan perangkat komputer antar muka pertama yang berukuran kecil.

Sebagai seorang direktur Apple Jobs digambarkan dengan seorang yang kharismatik namun juga pemarah. Dengan sifatnya yang tempramen tersebut membuatnya berpisah dengan Sculley di akhir tahun 1985 akibat turunnya penjualan perusahaan.

Keluarnya Jobs Hingga Kembali Lagi ke Apple

Keluarnya Jobs dari Apple membuatnya hijrah ke NeXT Computer, perusahaan lain sejenis Apple yang dia dirikan. Teknologi NeXT saat itu sudah sangat maju pada saat itu dan dikenal sangat mahal di antara karyawan, bahkan mereka tidak mampu membelinya. Jobs berfokus mengembangkan produk ini untuk tujuan riset dan pendidikan.

Dengan teknologinya yang sangat maju dan didukung oleh teknisi yang handal membuat NeXT menjadi penguasa di industri pengembangan perangkat lunak. NeXT dikenal dengan mengeluarkan produknya yang bernama NeXTcube yang memungkinkan seseorang dengan mudah berkomunikasi sattu sama lain. Dia jugga memperkenalkan NeXTMail, aplikasi email yang sangat populer saat itu.

Dengan dibelinya NeXT oleh Apple di tahun 1966 senilai $429 juta, membuat Jobs akhirnya kembali ke Apple yang didirikannya. Dia juga langsung terpilih sebagai CEO Apple setelah Gio Amelio dipecat sebagai CEO pada tahun 1997.

Terpilihnya Jobs membuat dia lebih mengonsentrasikan penjualan produk ke Apple dan menghapus banyak program yang saat itu berjalan. Itu semua demi meningkatkan penjualan Apple di pasaran.

Dengan dihapusnya berbaggai proyek tersebut membuat banyak karyawan sangat takut bertemu Jobs karena pengurangan karyawan yang sangat banyak saat itu. Mereka sangat takut dipecat dengan mendadak saat bertemu dengannya.

Baca Artikel Lainnya :

Dibelinya NeXT membuat penggembangan perangkat lunak untuuk Apple semakin berkembang. Untuk itu perusahaan mengembangkan NeXTSTEP yang kemudian berganti nama menjadi Mac OS.

Penjualan Apple sangat melonjak naik ketika Jobs memegang posisi CEO. Bahkan Jobs menamai dirinya iCEO dan mengangkatnya sebagai CEO dalam waktu panjang. Berbagai inovasi telah dikeluarkan Apple di awal abad ke 21 ini mulai dari iPods, iPad, dan produk mutahir lainnya dengan teknologi yang terbilang sangat maju. Walaupun dia telah tiada, namun penemuannya tetap dikenang oleh para penggemar Apple di seluruh dunia.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *