Stik Keju Renyah untuk Camilan di Rumah

Stik Keju Renyah untuk Camilan di Rumah – Saat ini, banyak sekali dijual makanan kecil atau camilan di luaran sana, tapi kita perlu waspada karena banyak sekali makanan – makanan yang tidak sehat yang diperjual belikan. Oleh karena itu, membuat makanan kecil atau camilan di rumah itu lebih baik dan lebih sehat dibandingkan membelinya di luar.stik keju

Kali ini, kita akan membahas salah satu camilan yang digemari banyak orang yang disebut stik keju atau dalam bahasa inggrisnya cheese stick. Sebenarnya camilan stik keju ini berasal dari luar negeri namun karena rasanya yang gurih dan renyah menyebabkan banyak sekali orang Indonesia yang juga menyukai stik keju ini. yuk kita langsung aja lihat bahan – bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuat stik keju yang enak, gurih dan renyah.

Bahan – bahan yang dipakai seperti Tepung terigu (pakai aja tepung kemasan yang warna biru) dan tepung sagu atau kanji atau aci masing – masing sebanyak 300 gram dan 200 gram (perbandingan tepung terigu dan tepung kanji 3:2, jumlahnya bisa berubah disesuaikan saja dengan perbandingannya).

Selanjutnya tepung maizena atau tepung jagung sebanyak setengah sendok makan saja. Mentega sebanyak 50 gram, keju cheddar lebih baik lagi kalau pakai keju parmesan sebanyak 180 gram, telur ayam tiga butir dikocok terlebih dahulu, air bersih yanf sudah matang secukupnya, baking powder setengah sendok teh, kaldu ayam setengah sendok the (opsional boleh pakai dan boleh tidak karena ini hanya untuk menambah rasa gurih saja), garam satu sendok teh serta minyak goreng secukupnya untuk menggoreng stik kejunya.

Nah sekarang kita bahas bagaimana cara membuat stik keju ini yuk. Pertama – tama kita siapkan sebuah wadah untuk berukuran besar untuk membuat adonan stik kejunya. Kita mencampurkan tepung maizena, tepung terigu dan juga tepung sagu. Kemudian mengaduknya hingga tercampur rata baik itu menggunakan alat ataupun menggunakan tangan. Selanjutnya kita menambahkan garam, baking powder dan juga kaldu ayam (jika ingin menggunakannya) ke dalam campuran sebelumnya kemudian aduk lagi hingga semua bahan – bahan tercampur semua.

Selanjutnya menambahkan keju cheddar atau keju parmesan serta telur ayam yang telah dikocok sebelumnya ke dalam campuran sebelumnya. Nah sekarang sebaiknya kita aduk dengan tangan hingga adonan tercampur rata dan juga teruleni. Sambil mencampur adonan kita tambahkan air per lahan – lahan hingga adonan siap untuk dibentuk.

Terakhir menambahkan mentega ke dalam adonan dan uleni kembali hingga adonan tercampur. Untuk membuat bentuk stik dapat menggunakan alat atau mesin penggilingan mie atau dapat juga menggunakan tangan dengan meletakkan sedikit adonan ke telapak tangan kemudian digulung – gulung hingga diameter kecil dan memanjang.

Tetapi bentuknya akan lebih bagus kalau menggunakan mesin karena ukurannya akan lebih seragam. Setelah semua adonan habis dan semuanya telah membentuk stik memanjang maka kita memanaskan minyak goreng. Setelah minyak goreng panas masukkanlah adonan yang telah dibentuk tadi menggunakan api sedang saja. Adonannya digoreng hingga warnanya kuning kecoklatan.

Baca juga : Resep dan cara membuat Sate Ikan Goreng Sederhana

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *