Strategi Sederhana Dalam Branding UMKM

Strategi Sederhana Dalam Branding UMKM – Kendala dan keluhan paling banyak ditemui para pelaku UMKM adalah susahnya melakukan branding atas produk yang dijual. Walhasil, ketika hasil produksi melimpah mereka kebingungan produk hendak dijual kemana.

1

Gagalnya branding secara tidak langsung akan menghambat penjualan sehingga kesehatan keuangan akan terganggu. Bila tidak segera diatasi maka yang terjadi adalah gagalnya UMKM.

Baca Juga :

Berikut ada beberapa langkah atau strategi yang bisa dilakukan untuk branding :

  1. Fokus “killer brand”

Berdasar pengalaman beberapa industri besar semisal Apple, mereka lebih memilih mempopulerkan nama perusahaan mereka daripada produk yang mereka jual. Meski Apple mengeluarkan berbagai varian seperti iPhone, iPad, Mac dan lain-lain tapi publik lebih familier dengan nama Apple.

Bandingkan dengan seteru abadinya Research in Motion (RIM) selaku induk dari BlackBerry. Masyarakat lebih popular mengenal nama BlackBerry daripada RIM.

Mungkin sepintas hal tersebut nampak biasa saja. Tapi dalam jangka panjang nama perusahaan yang dibranding lebih bisa dikenal masyarakat luas daripada branding produk. Sebagai contoh bila BlackBerry mulai lesu dan RIM berencana mengeluarkan produk bari maka ia harus melakukan branding lagi.

  1. Brand harus mampu menjawab kebutuhan konsumen

Konsumen rela mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapat barang yang diinginkan. Barang tersebut haruslah bisa menjawab kebutuhan. Maka dari itu penting bagi UMKM agar dapat menjelaskan kepada penggunanya bahwa mereka bisa menjawab kebutuhan itu melalui produknya.

Lazimnya produk dibuat sesuai dengan visi pemilik usaha sehingga kualitas yang ada pun bisa di adu dengan kompetitor. Brand yang baik harus disertai kualitas produk agar konsumen percaya apa yang dibeli dapat dipertanggung jawabkan.

Bahkan ada produk yang harganya terdongkrak karena brand yang baik semisal Apple. Banyak orang percaya ketika menggunakan Apple rasa percaya dirinya meningkat maka ia rela mengeluarkan uang lebih banyak. Padahal aplikasi yang ada didalamnya mungkin sederhana saja.

  1. Buka segmen pasar yang baru

Ciptakan inovasi baru untuk memberi warna dan menyasar segmen baru. Produk tanpa inovasi biasanya akan ditinggalkan oleh konsumen. Selera pasar senantiasa berubah mengikuti perkembangan jaman.

Tentukan segmen pasar secara spesifik sehingga produk tercipta benar-benar sesuai keinginan. Ada baiknya lakukan riset kecil-kecilan sehingga apa yang dilakukan cukup ilmiah dan representative. Hal ini agar strategi yang dibuat benar-benar bisa menjawab kebutuhan pasar.

  1. Perhatikan detail produk

Ada sebagian yang menganggap brand bukanlah sesuatu yang penting. Tapi bagi yang telah tahu manfaat akan sebuah brand maka bisa dipastikan orang tersebut akan hati-hati dalam membuat brand.

Akan sangat memperhatikan sesuatu hingga sedetil mungkin. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi sesuatu yang sifatnya kontra produktif dan akan merugikan nama usaha. Idenya boleh saja sederhana tapi konsepnya haruslah benar-benar matang dengan visi jauh ke depan.

  1. Brand harus mudah diingat dan unik

Salah satu syarat brand yang baik harus mudah diingat dengan sekali melihat. Maka dari itu brand baiknya di buat unik dan beda dengan yang lain.

Ada beberapa perusahaan yang meributkan soal brand karena memiliki kemiripan. Tak sedikit akibat brand harus sampai ke meja hijau. Maka dari itu penting kiranya membuat brand yang benar-benar orisinil agar tidak terjadi keributan dimasa yang akan datang.

Jangan sekali-kali membuat brand dengan sesuatu yang aneh atau ribet. Hal ini justru membuat orang yang melihatnya susah menangkap pesan dimaksud. Selain itu para pakar yang konsen terhadap branding menyarankan agar tidak menggunakan huruf konsonan terlalu banyak sehingga susah dibaca.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Strategi Sederhana Dalam Branding UMKM

  1. Pingback: Apa Miliarder Juga Memulai Bisnisnya dari Nol? | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *