Struktur dan Pertumbuhan Akar Tanaman

Struktur dan Pertumbuhan Akar Tanaman – Seperti yang diketahui, bahwa akar merupakan bagian yang penting dari tumbuhan. Tanpa adanya akar, maka tumbuhan tersebut mungkin akan mati. Fungsi akar selain sebagai kaki untuk terus berpijak di dalam tanah, tentu fungsi akar yang paling penting yaitu sebagai organ tubuh pada tanaman yang dapat menyerap air dari tanah untuk kemudian disalurkan ke seluruh bagian tanaman seperti pada batang dan daun. Maka dari itu, penting bagi anda yang tertarik dengan tumbuhan untuk mempelajari mengenai struktur pada akar tanaman.

akarr

Pada tanaman, terdapat 4 struktur akar yang tampak pada luar akar tersebut. 4 struktur tersebut antara lain, yaitu:

  • Tudung akar,
  • Batang akar,
  • Cabang akar atau yang disebut juga sebagai dikotil, dan
  • Bulu akar.

Sedangkan pada anatomi akar tanaman dibagi menjadi 4 bagian penting pada akar. Adapun 4 bagian tersebut, antara lain yaitu:

  • Epidermis merupakan lapisan luar atau disebut juga kulit terluar pada akar.
  • Korteks yaitu lapisan pertama atau letaknya terdapat setelah adanya lapisa epidermis.
  • Sedangkan endodermis yaitu lapisan yang terdapat pada korteks dan stele.Kemudian, terdapat stele dimana bagian ini terdapat tepat di silinder pusat atau bisa anda lihat tepatnya di lapisan tengah pada akar jika anda memotong bagian akar dengan cara melintang.

Dari beberapa bagian akar yang telah dijabarkan di atas, dapat dilihat bahwa dalam akar pun memiliki bagian-bagian penting dimana bagian tersebut memiliki tugas masing-masing untuk menjaga akar tetap sehat dan kuat untuk menopang tubuh tanaman tersebut dan tentunya untuk memberikan nutrisi yang tepat pada tanaman tersebut. Terdapatnya lapisan pada akar ini memberikan kemudahan pada akar untuk memilih mana nutrisi yang tepat dan dibutuhkan oleh tubuh tanaman dengan segala udara yang harus dikeluarkan dan yang dapat masuk ke dalam tubuh tanaman. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk mempelajari struktur dan pertumbuhan akar dengan benar untuk mengetahui kesehatan akar dan tanaman tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *