Sumber dan Asal Bahan Organik Tanah

Sumber dan Asal Bahan Organik Tanah – Bahan organic tanah merupakan suatu unsur pendukung kesuburan tanah. Semakin banyak bahan organic menyusun lapisan material tanah, tentu tanah akan semakin subur. Komposisi jumlah bahan organic akan menentukan pula hasil produksi suatu tanaman. Meskipun secara bawaan tanah telah memilih bahan organic, namun tidak selamanya bahanini akan bertahan. Faktor alami seperti hujan, maupun faktor lain seperti kesalahan manusia akan mempengaruhi komposisi bahan organic dalam tanah. Maka penting bagi petani untuk mempertahankannya. Salah satunya dengan mengetahui sumber bahan organik tanah. Baik yang alami dari sifat bawaan tanah maupun yang diusahakan.

bo9

Salah satu jenis tanah yang memilih bahan organic banyak dan tentunya subur adalah tanahyang berada di lereng pegunungan. Bekas debu vulkanis dari letusan gunung berapi akan membantu menambah jumlah bahan organic tanah ini. Namun demikian, kondisi ini tidak menutup kemungkinan dapat diciptakan pada lokasi lain. Sehingga secara umum sumberbahan organik tanah ini dapat dibagi menjadi:

  • Bahan alami yang dapat diperoleh baik dari sisa makhluk hidup yang mati lalu terjadi proses pembusukan untuk menyediakan bahan yang dibutuhkan tanah;
  • Bahan kimia buatan yang menyerupai hasil pembusukan dari bahan alami diatas.

Berdasarkan faktor atau sumber bahan organik tanah ini pula maka kita mengenal yang istilah pupuk organic dan pupuk buatan. Pupuk organic sendiri berasal dari semua makhluk hidup baik itu dedaunan, kotoran dan sebagainya. Adapun pupuk buatan tentu dibuat oleh manusia. Kedua jenis pupuk ini bertujuan sama, yaitu mengembalikan zat-zat organic tanah, agar keseimbangan tanah terjaga. Dengan demikian substansi atau isi yang ada dalam bahanorganic tersebut akan dipisahkan menjadi :

  • Bahan humus;
  • Bahan non humus.

Dikelompokkan menjadi humus, jika sumber bahan organic tanah ini telah mengalami dekomposisisi secara penuh atau secara tidak langsung bercampur dengan berbagai unsur alamitanah lain sehingga menimbulkan satu unsur yang sama sekali baru. Adapun yang dikelompokkan dengan bahan non humus, jika bahan didalamnya hanya mengalami dekomposisi secara sebagian atau malah sedang melakukan proses ini. Bahan non humus biasanya sangat berguna bagi tanaman sebagai sumber hara.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *