Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

sda1Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui – Sumber daya alam, apapun bentuknya adalah anugerah tidak terkira bagi manusia. Baik itu sumber daya alam yang dapatdiperbarui maupun bukan. Dalam dunia ini, bisa dikatakan semua partikelnya bersinergi untuk mempertahankan keberlangsungan hidup. Misalnya tumbuhan, tentu membutuhkan air. Air juga tetap membutuhkan tumbuhan, manusia apalagi membutuhkan dua-duanya. Namun manusia juga memilikia andil untuk memperbanyak atau mempertahankan jumlah dari air dan tumbuhan tersebut. Dengan sinergi ini, maka kehidupan akan terus berjalan.

Dapat disimpulkan kemudian, air, tumbuhan, dan tanah adalah output dari alam yangjumlahnya dapat atau mungkin ditambah. Dengan kata lain air, tumbuhan adalah bagian darisumber daya alam yang dapat diperbarui. Dari kalimat diperbarui ini mengandung pengertian bahwa seharusnya beberapa sumber daya alam yang disebutkan diatas tidak akan habis karena jumlahnya tidak terbatas. Kenyataannya, saat ini 1/3 hutan di Kalimantan telah habis. Artinya tumbuhan sebagai salah satu bagian dari SDA terbarukan bukannya bertambah tetapi malah habis. Akibatnya, pasokan air bersih juga dapat berkurang nantinya.

Apa yang menyebabkan? Tentu karena sinergi kehidupan seperti yang telah dijelaskan diatas tidak berjalan sebagaimana mestinya. Lalu siapa yang paling berperan terhadap ketidakharmonisan sinergi ini. Tidak bisa dipungkiri, manusia lah yang paling berperan. Karena manusia adalah makhluk berakal. Adapun tumbuhan dan air meskipun termasuk sumber dayaalam yang dapat diperbarui, tentu tidak memiliki cara untuk mempertahankan jumlahnya sendiri. Disinilah manusia harus dapat membedakan antara:

  • Kebutuhan (need), dan
  • Keinginan (want).

Kedua istilah diatas, tentunya akan memiliki implikasi yang berbeda bagi sumber daya alamyang dapat diperbarui ini. ilustrasi dibawah ini adalah gambarannya:

  • Ketika manusia memiliki kebutuhan, berarti jika apa yang dibutuhkan tidak terpenuhi maka keberlangsungan hidupnya dapat terganggu. Implikasinya, ketika manusia membutuhkan kayu, maka diusahakan untuk mengganti dengan tumbuhan baru, agar nantinya ketika dibutuhkan, kayu tetap ada.
  • Berbeda jika manusia hanya menginginkan. Hal ini menunjukkan jika apa yangdiinginkan tidak terpenuhi pun sebetulnya manusia tetap dapat melangsungkan hidupnya. Implikasinya, mereka semena-mena terhadap alam. Contoh : illegal logging, perburuan illegal, dan lainnya.
    Jadi, tergantung manusia kembali. Mana yang akan anda pilih?

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *