Syarat Dan Rukun Sah Sholat Yang Harus Kita Ketahui

Salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap orang islam adalah menjalankan sholat lima waktu. Hal ini karena sholat adalah cara kita untuk menyapa dan mendekatkan diri dengan Allah.

Selain itu sholat juga merupakan tiang agama. Apabila sholat kita bagus, maka agama dan akidah kita juga akan kokoh.

r 164

Agar sholat kita bisa sah dan diterima oleh Allah, ada syarat-syarat dan juga rukun-rukun yang harus kita lakukan. Berikut penjabarannya.

Syarat sah sholat

  1. Orang Islam

Yang wajib melakukan sholat hanyalah orang islam. Selain orang islam, mereka tidak melakukan sholat, akan tetapi mereka memiliki cara tersendiri untuk beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

  1. Baligh

Orang islam yang sudah balighlah yang wajib melakukan sholat. sedangkan untuk anak-anak yang belum baligh mereka belum diwajibkan untuk sholat.

akan tetapi mereka tetap harus dikenalkan dan diajarkan untuk selalu melakukan sholat yang memang menjadi kewajiban bagi setiap orang islam

  1. Suci dari hadast

Salah satu syarat agar sholat kita bisa sah adalah harus suci dari hadast baik anggota badan, pakaian maupun tempat yang akan kita gunakan untuk sholat.

  1. Menutup aurat

Sebelum melakukan sholat, wajib hukumnya untuk menutup aurat kita. Bagi laki-laki aurat mereka dari pusar sampai ke lutut.

Sedangkan untuk perempuan, semua bagian tubuh mereka dari ujung kaki sampai ujung rambut kecuali muka dan telapak tangan merupakan aurat. Maka saat sholat semua bagian tubuh selain muka dan telapak tangan harus tertutup.

  1. Sudah masuk waktu sholat

Sholat hanya boleh dilakukan jika sudah masuk waktu sholat. apabila terlalu awal atau bahkan terlewatkan maka sholat tersebut dianggap tidak sah.

  1. Mengetahui mana rukun dan mana sunnah

Sangat penting untuk mengetahui mana rukun sholat yang wajib untuk dilakukan dan mana yang merupakan sunnah. Dengan begitu maka kita tidak akan melewatkan satu pun rukun sholat.

  1. Menghadap kiblat

Rukun sholat

  1. Niat
  2. Takbiratul ihram
  3. Berdiri bagi yang mampu
  4. Membaca Al Fatihah
  5. Rukuk dengan tumakninah
  6. I’tidal dengan tumakninah
  7. Sujud dua kali dengan tumakninah
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Duduk tasyahud akhir dengan tumakninah
  10. Membaca tasyahud akhir
  11. Membaca sholawat nabi saat tasyahud akhir
  12. Membaca salam yang pertama
  13. Tertip dan berurutan

Baca Artikel Lainnya :

Itulah rukun dan syarat sah sholat. semoga bermanfaat…

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *