Syarat Yang Harus Anda Ketahui Tentang Hidangan Sehat Untuk Anak

Nilai sebuah hidangan dapat diukur dari berbagai sisi, baik dari rasa, segi penataan, teknik pengolahan, dan juga kandungan gizi yang ada di dalam makanan yang kita masak. Makanan yang baik disarankan mengandung keempat kriteria penilaian tersebut, itulah yang dinamakan makanan yang komplit.

e 54

Sebagai orang tua, terkadang kita merasa dilema dengan kecukupan gizi anak. Apakah gizi yang selama ini dikonsumsi sudah memenuhi kebutuhan gizi harian? Bagaimana jika anak bosa dengan sajian harian yang kita siapkan? Apakah anak sudah cukup sehat dengan asupan gizi yang diterima selama ini?

Untuk menjawab kebingungan itu, mari kita bahas sesungguhnya syarat apa saja yang harus diketahui tentang hidangan sehat untuk anak. Bagi anak yang sistem perncernaannya belum terbangun sempurna ada beberapa poin yang perlu diperhatikan agar asupan gizinya seimbang.

Apakah makanan anak anda telah memenuhi syarat di bawah ini?

  • Memenuhi kecukupan energi dan semua zat gizi sesuai dengan usia
  • Bentuk dan porsi makanan disesuaikan dengan daya terima, toleransi bayi atau anak.
  • Memperhatikan kebersihan perorangan dan lingkungan.
  • Makanan yang tidak mengandung lemak
  • Makanan yang berkalori tinggi
  • Makanan tidak mengandung gula
  • Makanan berprotein
  • Makanan berkalsium
  • Makanan yang kaya akan zat besi
  • Makanan yang mengandung asam folat
  • Makanan yang mengandung AA dan DHA+omega 3

Menu sehat harus memiliki kombinasi nutrisi. Mulai dari sayuran, buah-buahan, biji-bijan, susu, dan lemak  baik. Misal untuk menu sarapan, sediakan sandwich roti gandum dengan isian salmon panggang, bayam, alpukat, tomat, dan selada.

Untuk minumnya bisa berupa sajian susu atau smoothies buah – buahan. Lakukan penataan setiap kali makanan hendak disajikan karena hal yang satu ini a merupakan salah satu teknik menarik selera makan buah hati Anda.

Baca Artikel Lainnya :

Secara ringkas, hidangan sehat bagi anak setidaknya harus memiliki kandungan nutrisi di dalamnya.

Sangat disarankan agar orang tua tidak memberikan makanan siap saji maupun makanan kemasan bagi buah hatinya, karena bagaimanapun juga jenis makanan tersebut adalah produk fabrikasi yang kandungan nutrisinya telah hilang karena telah melewati banyak proses sampai dengan makanan tersebut dimasukkan ke dalam kemasan.

Biasakan anak – anak untuk mengkonsumsi makanan segar seperti buah dan sayur serta makanan yang dimasak oleh orang tua di rumah. Sehingga asupan gizi mereka terjamin dengan baik.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *