Tahap-Tahap Yang dilakukan dalam Kultur Jaringan Tanaman

Kultur jaringan merupakan sebuah metode budidaya sekelompok sel yang terdapat dalam makhluk hidup misalkan tanaman, dimana sel-sel tersebut memiliki fungsi dan bentuk yang sama.

h 34

Tujuan adanya kultur jaringan ini adalah membuat sebuah jaringan tanaman yang ada menjadi tanaman-tanaman kecil yang memiliki sifat sama dengan induknya. Dengan memperkecil ukuran namun secara pertumbuhan jaringan sama dengan induknya, tentunya memang biayanya tidak sedikit.

Namun dibalik dari biaya yang harus dikeluarkan akan terbayarkan, karena dengan metode tersebut jumlah tanaman diperbanyak, dan tentunya akan menyeimbangkan lingkungan yang saat ini polusinya sudah cukup tinggi.

Prinsip kerja dari Kultur jaringan ini adalah dengan mengisolasi bagian tumbuhan misalnya protoplasma, atau sekelompok sel atau jaringan dengan menumbuhkannya dalam kondisi aseptik. Manfaat dari Kultur jaringan ini cukup banyak diantaranya :

  • Dapat melestarikan sifat dari tanaman induk
  • Mampu menghasilkan jenis tanaman dengan sifat yang dimilikinya sama
  • DApat menciptakan jenis tanaman baru dengan jumlah banyak pada waktu yang relatif singkat
  • DApat terciptanya tanaman yang terbebas dari virus
  • Dapat dibuat menjadi sarana agar dapat melestarikan plasma nutfah
  • Dapat menciptakan varietas baru dengan cara merekayasa genetika Sel-sel yang telah direkayasa dan dikembangkan dengan cara kultur jaringan dan dijadikan anaman baru dengan lengkap
  • Penerapannya dapat dilakukan tanpa tergantung musim.

Dengan mengetahui manfaat tersebut masyarakat yang ingin mencoba menerapkan kultur jaringan pada tanaman dapat mencobanya. Namun selain mengetahui manfaatnya harus mengetahui kelemahan dalam menerapkan kultur jaringan tersebut, diantaranya:

  • Membutuhkan biaya yang awalnya relatif tinggi
  • Penerapannya hanya dapat dilakukan oleh orang tertentu, dikarenakan membutuhkan keahlian khusus
  • Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan ini membutuhkan proses lagi yaitu aklimatisasi, ini dikarenakan bibit tersebut biasa dalam kondisi yang lembap serta aseptik.

Baca Artikel Lainnya :

Kekurangan dari setiap metode pembudidayaan tanaman pasti ada, dikarenakan masih dilakukan oleh manusia bukan dengan teknologi.

Namun dari kekurangan tersebut jadi pelajaran agar pengembangan pertumbuhan tanaman dapat ditingkatkan sehingga kekurangan dari metode selanjutnya dapat di minimalisir.

One thought on “Tahap-Tahap Yang dilakukan dalam Kultur Jaringan Tanaman

  1. Gardenmatrial

    Memang biaya awal mahal, kira kira berapa ya gan, terus kalau cara sederhana sudah ada yang menjual peralatan secara paket, apakah ini akan berpengaruh kepada kuantitas dan kualitas bibit yang dihasilkan
    trimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *