Tahukah Anda 4 Macam Lapisan Atmosfer, Ini Dia Jawabannya

Sebagai makhluk yang hidup di bumi, kita sudah sepatutnya bersyukur karena masih memiliki perisai pelindung berupa atmosfer bumi yang akan menangkal serangan radiasi inframerah dari sinar matahari.

f 37

Tanpa adanya atmosfer, sinar inframerah matahari yang sangat berbahaya bisa menerobos dengan bebas, memanaskan apa saja atau bahkan meluluh-lantakkan organisme hidup yang ada di bumi.

Namun, tahukah Anda jika atmosfer terdiri dari lapisan-lapisan yang membentuknya sebagai pelindung bumi? Baca terus untuk mengetahui lapisan-lapisan pembentuk atmosfer sebagai berikut:

Lapisan 1 : Troposfer

Lapisan troposfer masih bisa dijangkau ketika Anda menaiki pesawat terbang. Pada lapisan ini, menurut para ahli terdapat banyak awan. Jaraknya dari permukaan bumi sekitar 8000 meter di kutub. Jika dihitung dari khatulistiwa, jaraknya sekitar 17.000 meter.

Lapisan 2: Stratosfer

Naik satu tingkat lebih tinggi dari troposfer, ada stratosfer atau yang lebih akrab sebagai lapisan ozon. Menariknya, suhu pada lapisan ozon ini tidak turun drastis, mencapai sekitar 15 derajat celcius, dan terus meningkat perlahan. Konon, lapisan ozon yang membuat suhu semakin meningkat perlahan atau menjadikan lapisan stratosfer sedikit hangat saat diterpa sinar matahari.

Lapisan 3: Ionosfer

Menjelajah dan terus ke atas langit hingga lapisan ketiga adalah lapisan ionosfer. Dari permukaan bumi jaraknya kira-kira 600.000 meter. Yang membuat lapisan ionosfer istimewa adalah kemampuan untuk memantulkan gelombang panjang bumi sehingga manusia bisa menerapkan pada gelombang radio sebagai salah satu alat komunikasi.

Lapisan 4: Eksosfer

Dikutip dari berbagai sumber, lapisan terluar atmosfer adalah lapisan eksosfer. Saking jauhnya lapisan ini dari bumi, para peneliti meyakini jika lapisan eksosfer bisa jadi hampa udara alias udara kosong.

Baca Artikel Lainnya :

Wajar saja, karena udara yang terdapat pada lapisan eksosfer sangat tipis hingga sangat sulit bagi para antariksawan untuk menentukan mana perbatasan antara eksosfer dan luar angkasa.

Semoga sedikit uraian di atas bisa membantu Anda memahami seluk-beluk lapisan atmosfer yang melindungi bumi dari pantulan sinar inframerah matahari. Keep on reading…

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *