Tahukah Anda Apa Komposisi Kimia Air laut, Ini Dia Penjelasannya

Sejenak menatap birunya air laut di tepi pantai, membuat Anda mungkin takjub betapa luas laut yang terhampar di depan mata. Sama seperti tubuh, hampir sepertiga permukaan bumi merupakan lautan. Akan tetapi, tahukah Anda apa saja komposisi kimia dari air laut? Kalau ingin tahu lebih jelas, silakan cek dulu ulasan berikut ya…

c 27

Senyawa Cl terdapat pada garam dapur

Air laut yang asin merupakan hasil dari konsentrasi zat Cl yang sangat tinggi. Dalam beberapa penelitian oleh para ilmuwan barat di antaranya seperti Edmund Halley, Robert Boyle dan kawan-kawan membuktikan bahwa ada berbagai jenis garam yang bisa dihasilkan dari air laut yang berbeda.

Bahkan, ada lebih dari 50 jenis garam yang bisa dihasilkan dengan cara mengkristalkan air laut.

Ion-ion

Menariknya, air laut juga mengandung ion-ion mineral yang melengkapi komposisi. Dalam satu gram garam yang terkandung pada sekitar 1 kg air laut, terdapat lebih dari 30% larutan ion-ion. Dengan pengukuran yang cukup rumit dan mendetail, seseorang dapat menentukan kadar unsur-unsur pembentuk garam dengan metode salinitas.

Organisme laut

Sebagai rumah tinggal bagi semua biota laut termasuk ganggang, rumput laut, terumbu karang, bunga karang, ikan serta mikroorganisme laut lainnya, sangat wajar apabila ditemukan unsur-unsur organisme laut di dalam komposisi air laut.

Mineral

Kebanyakan senyawa yang membentuk air laut mengandung lebih banyak mineral yang sangat baik untuk kesehatan makhluk hidup. Sebut saja seperti yodium untuk mencegah penyakit gondok. Kemudian, ada juga mineral-mineral penting misalnya timah, tembaga, kobalt dan seng.

Baca Artikel Lainnya :

Pada umumnya, unsur kimia yang terdapat dalam air laut dan lebih populer dikenal masyarakat luas adalah garam atau Cl. Namun, pastikan Anda tidak memilih garam dapur secara sembarangan.

Jangan memilih garam dapur abal-abal yang justru membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Beberapa area di belahan bumi, air laut memiliki konsentrasi limbah atau racun dari sisa pembuangan pabrik yang cukup tinggi.

Nah, kini Anda jadi lebih tahu tentang komposisi pembentuk air laut. Semoga kian menambah pengetahuan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *