Tahukah Anda, Apa Perbedaan antara Eksplorasi dan Eksploitasi?

Kata ‘eksplorasi’ dan ‘eksploitasi’ merupakan dua kata yang terdengar akrab di telinga kita. Meski keduanya memiliki hubungan yang sangat erat, namun, biasanya penggunaannya kurang tepat karena belum memahami makna masing-masing kata tersebut.

Eksplorasi didefinisikan sebagi suatu bentuk kegiatan pencarian informasi atau data-data yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data yang akan diteliti atau diinformasikan pada pihak lain yang membutuhkan.

l 51

Sedangkan eksploitasi didefinisikan sebagai suatu upaya atau bentuk kegiatan yang sifatnya lebih kepada penggalian potensi-potensi yang terdapat pada suatu objek penelitian sebagai tindak lanjut dari eksplorasi.

Memaknainya agak sulit ya? Kalau begitu, agar lebih simpel saya lanjutkan pada perbedaannya saja ya. Secara umum, berikut adalah perbedaan antara eksplorasi dan eksploitasi.

  • Eksplorasi meliputi berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan dan menyelidiki kondisi bahan tambang serta kemungkinan untuk diolah secara ekonomi.
  • Eksploitasi merupakan kegiatan aksi dari eksplorasi. Biasanya dilakukan dengan kegiatan pengambilan bahan tambang (baca: penambangan).

Eksplorasi sendiri meliputi kegiatan-kegiatan seperti berikut ini:

  • Penyelidikan secara geologis terkait persebaran dan letak batuan mineral, kualitas serta kuantitasnya apakah bernilai ekonomis apabila dilakukan ekslpoitasi (penambangan) dan lain sebagainya.
  • Penentuan syarat-syarat teknis yang diperlukan dalam eksploitasi bahan tambang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam eksploitasi atau penambangan antara lain:

  • Susunan lapisan batuan di sekitar deposit bahan tambang, di dalamnya termasuk ketebalan lapisan tanah penutupnya.
  • Sifat fisika batuan atau tanah.
  • Keadaan hidrogeologi seperti pola aliran air tanah, letak mata air dan debitnya, sistem drainase alam, sifat kimia dan fisika dari air tanah dan air permukaan dan lain sebagainya.
  • Topografi atau kemiringan lereng
  • Kandungan unsur mineral yang terdapat pada batuan sekitar deposit bahan tambang.

Baca Artikel Lainnya :

Kesimpulannya, eksplorasi adalah kegiatan mengumpulkan data-data yang dilakukan untuk tujuan ke arah eksplorasi. Sedangkan eksploitasi adalah kegiatan pada intinya, yaitu pengambilan bahan-bahan tambang atau biasa disebut dengan istilah penambangan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *