Tahukah Anda Apa Saja Manfaat Perdagangan Internasional?

Tahukah Anda Apa Saja Manfaat Perdagangan Internasional? – Meningkatnya kuantitas interaksi antar negara menimbulkan berbagai dampak, salah satunya adalah dampak ekonomi yaitu dengan adanya perdangan internasional.

Perdagangan internasional terjadi antara satu negara dengan negara atau beberapa negara lain yang melewati batas negaranya.

kaki panas

Salah satu contohnya adalah perdagangan internasional antara Indonesia dan AS dalam hal ekspor-impor kedelai.

Dengan masuknya Indonesia kedalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), membuat  Indonesia harus membuka lebar-lebar perdagangan internasionalnya.

Baca Artikel Lainnya :

Lalu, apa manfaat yang akan didapatkan oleh Indonesia dalam perdagangan internasional ini?

Berikut ini beberapa manfaat dari perdagangan internasional.

  1. Memenuhi kebutuhan

Tujuan utama dari adanya perdagangan internasional sebenarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa terpenuhi dari dalam negeri.

Maka dari itu, dengan adanya perdagangan internasional, suatu negara dapat membeli kebutuhan dalam negeri dari negara-negara lain.

  1. Mendorong persaingan pasar yang sehat

Adanya perdangan internasional akan memunculkan pasar bebas yang di mana setiap negara akan bersaing untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Dengan adanya persaingan ini, setiap negara akan berusaha menciptakan produk yang lebih berkualitas dengan harga yang lebih murah dari negara lain sehingga akan menciptakan persaingan pasar yang sehat.

  1. Memperluas pasar

Tidak hanya di dalam negeri, produk yang dihasilkan pun dapat dipasarkan ke luar negeri sehingga akan memperluas kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

  1. Meningkatkan devisa

Ketika melakukan perdagangan internasional, Anda akan menggunakan mata uang asing untuk melakukan transaksi. Hal inilah yang kemudian akan meningkatkan devisa negara.

  1. Mempromosikan produk dalam negeri

Batik, songket, dan produk khas Indonesia lainnya dapat dijual ke luar Indonesia sehingga secara tidak langsung perdagangan internasional juga akan mempromosikan produk dalam negeri suatu negara.

  1. Transfer pengetahuan dan teknologi

Dengan adanya perdagangan internasional, maka barang dan jasa dari luar akan masuk ke dalam negeri sehingga akan menciptakan transfer informasi.

Tidak hanya itu, terkadang dengan adanya perdagangan internasional, perusahaan-perusahaan luar pun dibangun di dalam negeri sehingga masyarakat dapat mendapatkan pengetahuan teknologi dari sana.

  1. Memperoleh barang dan jasa yang lebih murah

Terciptanya persaingan pasar tentu akan menciptakan produk berkualis yang lebih murah, maka dari itu dengan adanya perdagangan internasional, Anda dapat memperoleh barang dan jasa dengan harga yang lebih murah.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *