Tahukah Anda Apa yang Akan Terjadi Bila Bumi Tanpa Ada Gunung? Inilah Penjelasannya

Apa Jadinya Bila Bumi Ini Tanpa Gunung – Bumi tempat tinggal kita ini terdiri dari daratan dan lautan.

Salah satu yang ada di daratan adalah gunung. Bentuknya yang besar dan tinggi adalah cirri utama dari dari daratan ini. Nah, bagaimanakah jika di bumi ini tidak ada gunung? Berikut ulasannya.

janin

Gunung adalah bentuk tanah yang menonjol ke atas permukaan bumi sehingga menjulang lebih tinggi dibandingkan daerah sekitarnya.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak gunung yang memiliki ketinggian bervariasi mulai yang sedang sampai yang tinggi.

Adanya gunung di bumi ini bukan tanpa alasan. Gunung memegang peranan yag cukup vital bagi kelangsungan bumi ini. Jika di bumi ini tidak ada gunung, maka akan menyebabkan beberapa masalah, seperti :

Bumi berguncang

Dalam ilmu geografi dijelaskan bahwa kulit bumi terdiri dari lempengan-lempengan lithosfer yang saling bergerak dan bertabrakan sehingga membentuk lipatan dan muncul ke permukaan bumi sehingga muncullah gunung.

Jika gerakan lithosfer tersebut tidak berlipat dan membentuk gunung, maka gerakannya akan semakin cepat dan menimbulkan tabrakan hebat antar lempeng sehingga bisa membuat bumi berguncang hebat.

Bumi meledak

Di dalam perut bumi terdapat gas panas yang dihasilkan oleh bumi. Untuk menjaga agar suhunya tetap stabil, perut bumi biasanya akan berusaha mengeluarkan gas tersebut lewat gunung berapi.

Jadi jika tidak ada gunung, maka bagaimana bumi bisa mengeluarkan gasnya tersebut? Bisa jadi bumi akan meledak karena tekanan suhu panas terus-menerus dari dalam bumi.

Tanah menjadi gersang

Saat bergejolak, gunung biasanya akan mengeluarkan magma yang bercampur dengan mineral yang jika dibiarkan dalam waktu beberapa saat dapat berubah menjadi unsure hara yang dapat menyuburkan tanah.

Jika tidak ada gunung, maka tanah tidak akan pernah mendapat asupan mineral dan unsure hara sehingga tanah menjadi tandus dan gersang.

Ketidakstabilan suhu bumi

Gunung memiliki fungsi untuk menghalangi arus udara yang kuat. Jika tidak ada gunung maka tidak ada yang menghalangi arus udara sehingga suhu di bumi ini semua sama.

Baca Artikel Lainnya :

Jika hal ini terjadi , maka akan terjadi pergerakan atmosfir yang luar bias hebat yang akan mengakibatkan badai hebat yang dapat menghandurkan bumi ini.

Demikianlah ulasan tentang jika di bumi ini tidak ada gunung. Semoga bermanfaat..

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *