Tahukah Anda Efek Samping Paling Aneh dari Obat? Ini Dia

Tahukah Anda Efek Samping Paling Aneh dari Obat? Ini Dia – Obat telah digunakan sejak dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seiring perkembangan teknologi di bidang kesehatan dan farmasi telah ditemukan berbagai jenis obat-obatan yang membantu menyembuhkan penyakit.

Tetapi unsur kimia yang terdapat di dalam obat pasti menimbulkan efek samping mulai dari efek gangguan fisik, saraf bahkan gangguan psikologis. Berikut adalah efek samping paling aaneh dari obat.

  1. Anafranil Menyebabkan Orgasme Saat Menguap

Untitled

Anafranil merupakan obat anti depresan yang mengandung Clomipramine 10mg. Obat ini dikhususkan untuk pasien yang mengalami gangguan psikologis  seperti gangguan obsesif kompulsif, gangguan depresi menyeluruh, dan gangguan kecemasan atau panik yang berlebihan.

Efek samping yang paling sering ditemukan adalah mual, muntah, mulut kering, meningkatnya nafsu makan, meningkatnya berat badan, gangguan penglihatan , konstipasi, pusing, nyeri kepala dan rasa mengantuk.

Pada pria efek samping penggunaan obat ini dapat menyebabkan masalah seksual seperti impotensi dan susah ejakulasi. Pada beberapa kasus efek samping yang aneh dari obat ini bagi pria dan wanita adalah orgasme saat menguap.

  1. Ropinirole Efek Samping Hiperseks Dan Perjudian

Untitled

Ropinirole atau yang lebih dikenal dengan Requip digunakan untuk mengobati pasien parkinson atau Restless Leg Syndrome (RLS).

Requip memeiliki efek samping seperti berkeringat, pusing mual dan muntah , berkeringat sembelit dan kelemahan.

Pada penelitian yang dilakukan pada 1 juli 2004 sampai 30 juni 2007  dari pemantauan catatan medis 267 pasien yang menggunakan requip 20% diantaranya mengalami efek samping yang aneh yaitu hiperseks dan kecanduan berjudi.

  1. Ambien Mengakibatkan Beraktifitas Saat Tidur

Untitled

Ambien atau zolpidem tartrat digunakan untuk pasien penederita gangguan tidur atau insomnia.

Ambien terbukti ampuh mengobati insomnia tapi menimbulkan efek samping yang aneh yaitu si pasien mengalami perilaku yang aneh saat tidur seperti makan, berjalan – jalan, mengobrol di telepon, memasak, bahkan berhubungan seks dan menyetir.

  1. Capecitabine Berefek Samping Hilangnya Sidik Jari

Untitled

Selain kemoterapi untuk beberapa jenis kanker seperti kanker usus, kanker rektum dan kanker payudara pasien juga diberikan obat salah satunya Capecitabine. Cara kerja obat ini adalah menekan pertumbuhan  sel kanker dan mengurangi ukuran tumor.

Tetapi seperti obat pada umumnya Capacitabine juga memiliki efek samping antara lain kulit menjadi sangat halus, borok di kulit dan pendarahan.

Bahkan pada suatu kasus yang langka si pasien ditemukan kehilangan sidik jarinya. Menurut dokter kejadian ini hanya bersifat sementara dan akan kembali seiring dengan pemberhentian konsumsi obat.

  1. Chantix Efek Samping Niat Bunuh Diri

Untitled

Chantix sering digunakan untuk membantu menghilangkan kebiasaan merokok. Dalam sebuah penelitian yang telah dipublikasikan oleh PLoS One, dari 3.000 pasien pecandu nikotin 90% diantaranya mengalami depresi dan dorongan untuk melakukan bunuh diri akibat penggunaan Chantix.

Selain efek psikologis penggunaan Chantix juga memiliki efek samping lainya seperti kejadian kardiovaskuler, gangguan penglihatan, gangguan saraf dan insomnia

  1. Mirapex Bisa Menyebabkan Amnesia

Untitled

Seperti halnya Requip atau Ropinirole, Mirapex juga digunakan untuk mengobati parkinson dan sindrom kaki gelisah atau RLS (Restless Leg Syndrome).

Dan ternyata efek samping dari Mirapex juga tak kalah aneh dari Requip yaitu amnesia. Biasanya amnesia yang diakibatkan penggunaan obat tidak bersifat total dan hanya terjadi di bagian memori jangka pendeknya saja.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah efek samping paling aneh dari obat tentunya kita harus berhati – hati dalam memilih dan menggunakan obat. Mengetahui jenis obat dan efek sampingnya serta berkonsultasi ke dokter adalah cara yang tepat sebelum memutuskan menggunakan suatu jenis obat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *