Tahukah Anda Jika Hobi Menulis Blog Bisa Menjadi Sebuah Bisnis?

Banyak orang hobi corat-coret dan mencurahkan isi hati. Jika dulu orang mengenal diary atau buku harian untuk menuliskan apapun yang dirasakan, dengan maraknya penggunaan internet, maka hal ini juga bergeser. Internet dijadikan sebagai media pencurah hati atau media corat-coret. Bisakah? Jawabannya tentu bisa.

fia 97

Ada media yang dinamakan blog yang bisa dijadikan tempat untuk menuliskan apapun yang ingin kita tulis. Baik itu sekedar cerita sehari-hari, review mengenai suatu produk, mengenai suatu tempat wisata dan masih banyak lagi.

Tahukah Anda bahwa seorang Barack Obama, Presiden Amerika Serikat dua periode ini juga menggunakan blog sebagai senjata kampanyenya. Terbukti ampuh, nyatanya beliau menjabat sampai dua periode. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh Presiden Obama di blog ini sehingga menjadi senjata kampanye terampuh, seperti:

  • Selalu melakukan update atau posting tulisan dalam bentuk apapun yang tentunya bermanfaat, apakah hanya sekedar informasi, tips juga artikel di blog tersebut.
  • Membalas komentar atau pertanyaan blogger lain yang mengunjungi blognya.
  • Tidak pernah menulis kata-kata rasis atau hujatan, bahkan ada salah satu blognya yang dinamakan “selamat datang pendukung Hillary” sebagai wadah bagi para blogger yang sebelumnya mendukung Hillary Clinton namun kalah saat konvensi partai.

Melihat fakta ini, tidak dapat dipungkiri jika blog memiliki manfaat yang tidak sedikit. Khususnya dalam hal mempengaruhi opini publik. Blog sendiri dapat dikatakan sebagai penyambung lidah antara penulis yang mungkin tidak bisa menyatakan pendapatnya secara lisan, melalui sebuah tulisan. Maksud dan tujuannya pasti berbeda-beda. Ada yang dimulai dari iseng awalnya, kemudian berkembang menjadi sebuah alat seperti Presiden Obama diatas. Pasti Anda bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan alat ini.

Alat yang dimaksud disini memang dapat diartikan sebagai blog bisa menjadi apa saja tergantung pemiliknya. Alat bisnis atau mencari uang, alat mengumpulkan simpati, alat penyampai berita sampai alat untuk meraih dukungan seperti yang dilakukan oleh Presiden Barrack Obama diatas.

Bagi Anda yang awalnya hanya menggunakan blog ini sebagai media iseng pun, Anda masih bisa menjadikannya sebagai alat bisnis atau mencari uang. Bahkan tak jarang, para blogger yang mengembangkan blog ini sebagai sebuah bisnis. Umumnya hal ini dilakukan oleh para fashion blogger. Dimulai dari mereview gaya atau kosmetik tertentu, lama-lama Anda bisa memiliki lini fashion sendiri jika banyak netizen yang tertarik tulisan Anda.

Lalu bagaimana menjadikan blog ini sebagai media mencari uang? Ini langkah-langkah yang perlu Anda ketahui:

  1. Buatlah blog di web penyedia gratis seperti wordpress, blogspot, live jurnal dan lainnya. Anda juga bisa membuat blog di domain berbayar dengan menggunakan nama sendiri dan berakhiran .com.
  2. Mulailah mendesain sebuah web dengan tampilan yang menarik tapi sederhana. Jangan buat para pembaca bingung membaca menu, mencari entry atau post setelah atau sebelumnya dan ketika mencari menu-menu lainnya.
  3. Sediakan kolom atau ruang tertentu untuk tempat produk atau web lain yang ingin mengiklankan produknya.

Dari hal terakhir inilah blog yang Anda buat bisa menghasilkan uang. Yaitu ketika banyak produk yang beriklan melalui blog Anda. Namun membuat orang beriklan ini yang dibutuhkan usaha. Khususnya seperti cara yang dilakukan oleh Presiden Obama diatas. Yaitu dengan sering mengupdate isian blog dengan tulisan-tulisan menarik dan tentunya sedang menjadi trending topic atau topik yang banyak dibicarakan oleh netizen. Mudah bukan? Ayo segera buat blog!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *