Tahukah Anda Letusan Gunung Paling mengerikan di dunia, Ini Ulasannya

Menurut ahli Geologi, secara geografis Indonesia merupakan negara yang dikelilingi cincin api dalam jalur gunung berapi. Hal ini bisa dilihat saat Gunung Sinabung dan Gunung Kelud meletus secara dahsyat di dalam waktu yang hampir bersamaan.

Ternyata letusan Gunung Kelud memang masih belum seberapa dahsyat dan ada yang masih lebih dahsyat lagi. Bahkan di Indonesia sendiri diketahui ada 2 gunung yang termasuk ke dalam catatan gunung berapi paling dahsyat di dunia.

Di bawah ini merupakan gunung berapi dengan letusan yang paling dahsyat.

  • Gunung Krakatau

h 9

Pada tahun 1883 Gunung Krakatau meletus dengan kekuatan ledakan yang bisa didengarkan dari jarak hingga ribuan mil. Bahkan bebatuan yang dilontarkan juga hingga mencapai pulau-pulau kecil yang ada di laut Afrka Timur.

Menurut pendapat para peneliti, letusan dari Gunung Krakatau ini besarnya 13.000 kali dari kekuatan bom atom. Karena demikian dahsyatnya hingga mampu menimbulkan terjadinya tsunami besar hingga menerjang Pulau Sumatera maupun wilayah sekitarnya.

Paska terjadinya letusan, Gunung Krakatau juga merosot ke dalam laut. Akan tetapi muncul sebuah pulau baru di lokasi sebelumnya di tahun 1927. Hingga saat ini anak Krakatau masih aktif serta terkadang mengeluarkan letupan-letupan kecil.

  • Vesuvius

h 10

Gunung di Teluk Maples, Italia Selatan ini aktif dan tercatat telah 30 kali meletus. Letusan paling dahsyat terjadi pada 78 Masehi yang menghilangkan kota Pompeiii beserta Stabiae. Abu tebal dan letusan lavanya berlangsung beberapa hari.

Tidak ada tanda-tanda, tiba-tiba meletus hingga menyebabkan penduduk di sekitarnya sibuk menyelamatkan diri. Tercatat 100 jiwa menjadi korban letusan Vesuvius.

  • Tambora

h 11

Ini adalah gunung berapi yang memiliki letusan terdahsyat nomor 2 di Indonesia dan meletus pada 1815. Letusan Gunung Tambora mengakibatkan Pulau Sumbawa mengalami kegelapan.

Baca Artikel Lainnya :

Dampak dari letusan Gunung Tambora bahkan menimbulkan penyakit, kelaparan hingga tsunami yang merenggut puluhan ribu jiwa. Letusannya termasuk sebagai yang terbesar dalam sejarah.

Bahkan panas yang disemburkan melubangi atmosfer sekaligus mengubah iklim dunia. Wilayah Amerika dan Eropa juga dilanda musim dingin yang hebat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *