Tahukah Anda Sejarah Nabi Adam?

Kisah Nabi Adam muncul di dalam Kitab Permulaan dengan kata adam yang dipergunakan ialah berbagai macam arti yakni manusia, laki-laki, tidak spesifik. Di kejadian 1 menceritakan tentang Tuhan yang menciptakan manusia yakni laki-laki dan juga perempuan dimana nama yang mereka miliki ialah Adam.

fia 98

Adam yang dipergunakan di dalam ayat tersebut bukan hanya merujuk ke nabi Adam, akan tetapi merujuk ke manusia dengan keseluruhan. Baru di kejadian 2 sejarah dari nabi Adam disebutkan secara khusus sebagai nabi yang diciptakan dari debu dan dihembuskan di angin kehidupan serta membuatnya menjadi makhluk yang baru.

Baru Tuhan menempatkan nabi Adam di Taman Eden serta memberinya perintah bila seluruh buah yang berada di taman tersebut boleh dimakan terkecuali buah yang berasal dari pohon kejahatan dan kebaikan. Tuhan berkata, bila tidak baik jika seorang pria berada sendirian, oleh karena itu Tuhan mengumpulkan banyak hewan buas, namun diantara mereka tidak ada penolong yang sesuai, oleh karena itu Tuhan membuat ia tertidur dan kemudian mengambil sebuah tulang rusuk miliknya serta menciptakan wanita yang ia beri nama Eve.

Cerita yang menjelaskan kisah nabi Adam pun berlanjut di Kejadian 3, di sana diceritakan bila Adam dibuang dari Eden. Terbuangnya nabi Adam dari Eden ini, sang wanita dipercaya sudah di bohongi sang ular untuk memakan buah yang di tentang oleh Tuhan, Tuhan pun menanyakan dialog yang membuat mereka mengakui seluruh kesalahan mereka. Tuhan pun menjatuhkan hukuman pada mereka, mereka harus bersusah payah mencari makan. Adam dan Eve memiliki anak bernama Cain, Abel dan juga Seth.

Di sejarah Yahudi Adam ialah manusia yang sempurna sebelum ia dibuang dari Eden. Menurut cerita rakyat yang berkembang di Yahudi, istri pertama dari Adam ini bukanlah Eve melainkan Lilith, ia meninggalkan Adam dikarenakan menolak patuh terhadapnya, Lilith ini pergi serta tidak kembali lagi ke Taman Eden, ia melakukan hubungan intim dengan sang Malaikat bernama Samuel.

Di dalam Islam, Adam di percaya menjadi manusia yang pertama serta yang diajak berdialog secara langsung dengan Allah, hingga membuatnya menjadi pemeluk Islam yang pertama. Ketika penciptaan Adam, Allah mengirim Jibril serta Mika’il agar mengambil tanah yang berasal dari Bum, namun Bumi menolak dikarenakan Bumi mengancam akan mengadukannya pada Allah bila malaikat menghancurkannya, Malaikat pun kembali dengan menggunakan tangan kosong.

Malaikat selanjutnya di kirim oleh Allah yakni Izrail yang mengambil tanah yang berasal dari berbagai macam daerah serta menjelaskan kenapa bentuk manusia ini berbeda. Adam sendiri belum bernyawa hingga 40 hari, akan tetapi setelah Allah meniupkan hidup kepadanya, ia pun kemudian mulai hidup. Saat hidup Adam menjadi pemimpin dari makhluk yang lebih rendah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *