Tanaman Cabai Anda Terserang Hama Ulat? Simak Tips Mengatasinya!

Tanaman Cabai Anda Terserang Hama Ulat? Simak Tips Mengatasinya! – Tanaman atau buah cabai yang lebih dikenal dengan sebutan cabai saja, nyatanya meskipun memiliki rasa yang pedas tetapi tidak luput dari serangan berbagai jenis hama dan penyakit.

Untitled

Sebagai contoh serangan penyakit atau hama ulat bahkan menyebabkan akibat yang sangat merugikan bagi petani cabai. Dimana hama dan penyakit yang menyerang cabai ini memang menjadi satu hal yang wajib diketahui jika ingin membudidayakan cabai sebagai salah satu komoditas usaha bidang pertanian.

Hama ulat grayak/spodoptera litura

Hama ulat ini sebenarnya sudah sangat populer di kalangan petani. Pasalnya popularitas ulat ini sendiri memang tidak perlu diragukan lagi, bahkan menjadi musuh bebuyutan bagi para petani. Juga termasuk pada petani yang tanamannya seringkali diserang oleh hama ulat. Salah satu jenis ulat yang seringkali menyerang tanaman cabai adalah ulat grayak/spodoptera litura.

Ulat jenis ini mampu memakan daun hingga benar-benar habis dalam waktu yang singkat, sehingga dapat menyebabkan kemampuan fotosintetis dari tanaman cabai menjadi terganggu. Pada serangan yang masuk dalam tahap massif menjadikan ulat grayak ini memakan habis seluruh bagian daun, bahkan hanya sekedar menyisakan tulang-tulang daunnya saja.

Ulat spodoptera exiqna dan helicoverpa

Serangan hama ulat yang selanjutnya adalah dari jenis Helicoverpa serta Spodoptera Exiqna. Dimana serangan dari kedua jenis ulat ini dapat mengakibatkan terjadinya lubang pada buah cabai.

Entah itu cabai yang masih berwarna hijau (cabai muda) maupun cabai yang sudah memerah (cabai matang atau tua). Sehingga hama dari kedua jenis ulat ini mengancam petani cabai menjadi gagal panen serta mengalami kerugian besar meskipun tanamannya sudah berbuah dengan lebat.

Pola serangan hama ulat

Umumnya pola serangan ulat pada tanaman cabai terjadi ketika malam hari atau dapat juga terjadi ketika sinar matahari mulai meredup dan teduh. Misalnya saja seperti ketika saat menjelang sore hari. Hal ini dikarenakan ulat-ulat tidak akan merasa nyaman untuk dapat menyantap daun pada tanaman cabai di bawah terik matahari.

Maka dari itu ketika siang hari yang terik mereka justru bersembunyi di bawah ketiak daun cabai, dibalik mulsa, maupun pangkal tanaman untuk membuat mereka aman serta nyaman dari ancaman sinar matahari. Cara ini juga mereka gunakan untuk menghindarkan diri dari penyemprotan jika dilakukan pemusnahan hama oleh petani.

Teknik pengendalian

Pengendalian hama ulat pada tanaman cabai dapat dilakukan berdasarkan dengan kebiasaan serta karakter ulat. Terdapat dua cara yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Pada malam hari, tepat ketika ulat keluar dari tempat persembunyiannya. Anda dapat secara langsung mengambil ulat tersebut dari tanaman cabai kemudian memusnahkannya.
  2. Melakukan penyemprotan dengan insektisida. Anda dapat menggunakan insektisida organik dan lakukanlah penyemprotan saat malam hari agar lebih efektif, ketika ulat siap memakan daun atau buah cabai.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Tanaman Cabai Anda Terserang Hama Ulat? Simak Tips Mengatasinya!

  1. topik

    memang indonesia ini belum banyak yang mengetahui bagaimana untuk membasmi serangga yang ada, semoga dengan tipsnya mas ini, petani indonesia memiliki pencerahannya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *