Tanaman Herbal untuk Atasi Diabetes dan Asam Urat

Tanaman Herbal untuk Atasi Diabetes dan Asam Urat – Beberapa orang memiliki tingkat resiko yang tinggi untuk terkena penyakit yang harus ditanggung seumur hidup. Salah satu penyebabnya adalah obesitas yang dapat meningkatkan resiko terkena diabetes dan asam urat.

Untitled

Diabetes merupakan penyakit karena kelebihan gula dalam darah sedangkan asam urat merupakan penyakit yang dikarenakan tingginya kadar asam urat pada tubuh dan menyerang persendian. Beberapa orang menggunakan obat yang dianjurkan oleh dokter namun sebagian orang menggunakan tanaman herbal yang berfungsi untuk menurunkan dan mengobati diabetes dan asam urat secara perlahan.

Jahe

Jahe banyak digunakan untuk obat herbal penyakit asam urat. Caranya adalah dengan menyiapkan 2 buah jahe sepanjang ibu jari. Kupas, cuci lalu potong dan sedikit diremukkan. Siapkan tempat untuk merebus dan air sebanyak 1 gelas. Rebus jahe dan tunggu hingga mendidih. Angkat dan minum ramuan tersebut dengan teratur setiap hari agar hasil dapat maksimal.

Cengkeh

Rempah yang rasanya agak pedas ini mampu digunakan sebagai obat asam urat. Caranya adalah dengan menumbuk cengkeh ke tumbukan jahe dengan takaran 1 sama. Tumbuk dan campur hingga merata kemudian aplikasikan ke bagian tubuh yang terasa sakit karena campuran herbal ini hanya digunakan sebagai obat luarnya saja. Lakukan rutin setiap hari agar hasilnya maksimal.

Akar Pepaya Gantung

Untuk penyakit asam urat dan rematik, Anda dapat menggunakan akar pepaya gantung. Caranya yaitu:

  • Siapkan 5 potong akar pepaya, 3 sdm lengkuas yang dihaluskan, 4 gelas air
  • Cuci akar pepaya dan potong seukuran jari.
  • Rebus akar pepaya dan lengkuas tersebut dengan 4 gelas air.
  • Tunggu hingga air tersisa sekitar 3 gelas.
  • Agar sedikit manis, tambahkan sedikit gula aren.
  • Minum 3 kali sehari dengan takaran ½ gelas.

Kulit Manggis

Kulit manggis sudah terkenal memiliki berbagai macam khasiat dan salah satunya untuk obat herbat asam urat. Caranya dengan mengiris tipis kulit manggis yang telah disiapkan kemudian dijemur hingga kering. Seduh kulit manggis yang telah kering ke gelas yang diisi dengan air panas. Tunggu hingga seduhan tersebut berubah warna dan minum air seduhan setiap hari.

Brotowali

Tumbuhan dengan nama latin Tinaspora crispa atau yang lebih dikenal dengan nama brotowali, dapat digunakan untuk mengobati diabetes. Hal tersebut dikarenakan dalam tanaman tersebut terdapat senyawa aktif tinokriosposid yang dapat berfungsi untuk mempercepat glukosa untuk keliar melalui peningkatan metabolisma atau dapat disimpan secara langsung sebagai lemak.

Penelitian yang dilakukan oleh RS King Chulalangkorn, Thailand terhadap 36 pasien yang diberikan ektrak dari brotowali menunjukkan penurunan gula secara signifikan. Bagian yang biasanya digunakan adalah bagian akar dan batang dengan cara direbus.

Pare

Tanaman dengan nama ilmiah Momordica charantina ini dapat digunakan sebagai obat diabetes dengan cara dijus dan diminum ½ gelas saja. Akan tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena dapat menyebabkan diare. Penderita diabetes yang menggunakan insulin ataupun mengkonsumsi obat hipoglikemik juga harus berhati-hati karena dapat memperkuat efek obat yang dapat mengakibatkan hipoglikemia berat.

Gymnema Sylvestre

Tumbuhan ini seperti sirih yang tumbuh di hutan tropis. Memiliki bahan aktif bernama asam gymnemik dan dapat membantu untuk menurunkan dan menyeimbangkan tingkat dari gula darah. Bentuk unik dari molekul asam gymnemic ini mirip dengan glukosa sehingga dapat mengisi reseptor sel yang ada pada lapisan khusus untuk pencegahan penyerapan molekul gula. Ekstraknya dapat membantu pankreas dalam memproduksi insulin untuk penderita diabetes tipe 2 dan diabetes tipe 1.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Tanaman Herbal untuk Atasi Diabetes dan Asam Urat

  1. Pingback: Kenali Fakta-Fakta Ini Agar Lebih Cepat Hamil | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *