Tanaman Urang-Aring, Pewarna Hitam Alami Rambut

Tanaman Urang-Aring, Pewarna Hitam Alami Rambut – Tanaman urang aring merupakan tanaman yang dapat tumbuh secara liar. Bahkan tanaman urang aring dikenal juga sebagai gulma, yaitu tanaman yang dapat menggangu tanaman lain disekitarnya.

Untitled

Tapi, meski dikenal sebagai tanaman liar, urang-aring ini sejak dahulu telah dikenal sebagai tanaman obat tradisional yang dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti mengobati sakit perut, batuk, diare, bahkan hepatitis. Selain sebagai obat tradisional, tanaman urang- aring ini lebih kenal manfaatnya untuk perawatan kecantikan terutaman kecantikan rambut.

Selain untuk mewarnai rambut, ternyata banyak juga orang- orang yang menggunakan sari urang- aring untuk membuat tato. Pemilihan tanaman urang- aring sebagai cat tato tersebut dipilih karena lebih aman bagi kesehatan. Namun, pada artikel ini akan lebih dibahas pemanfaatan tanaman urang- aring sebagai pewarna alami hitam rambut.

Tanaman urang- aring sering dijadikan bahan dasar dalam produk perawatan rambut sebagai pemberi warna hitam pada rambut tersebut. Hal ini dikarenakan pada tanaman urang- aring terdapat zat warna hitam yang dapat menempel permanen sehingga tak heran tanaman ini sangat dikenal sebagai bahan pewarna hitam rambut alami.

Membuat sendiri pewarna hitam rambut dari tanaman urang aring sangatlah mudah. Cara ini selain lebih ekonomis juga lebih aman bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.elain itu tanaman urang-aring juga mudah ditemukan dilingkungan sekitar rumah.

Membuatnya juga sangatlah mudah yaitu dengan mengambil beberapa helai tanaman urang- aring dan mencucinya dengan menggunakan air mengalir hingga bersih. sebelum dilakukan pengolahan sebaiknya dipastikan urang- aring tersebut benar-benar bersih karena mengingat tempat tumbuhnya di lingkungan liar dapat membuat tanaman tersebut banyak dihinggapi serangga atu hewan-hewan kecil yang nantinya akan berinteraksi dengan kulit kepala sehingga menimbulkan rasa gatal. Oleh sebab itu penggunaan air mengalir untuk mencuci tanaman tersebut sangatlah penting.

Setelah tanaman urang- aring dicuci bersih, potonglah menjdai bagian- bagian kecil kemudian haluskan dengan cara menumbuknya atau dapat pula di blender. Setelah bitu tambahkan air hangat dan diamkan selama 30 menit di dalam mangkok.

Setelah selesai, pisahkan air urang- aring dengan daun- daunnya dengan cara di saring setelah itu siramkan secara merata pada kepala sambil dipijit. Diamkan selama satu malam dan bungkus dengan menggunakan plastik pembungkus rambut agar zar hitam urang- aring menempel pada rambut kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih. dapat pula dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil yang optimal lakukan minimal 2 kali dalam seminggu secara rutin.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *