Tanda-tanda bahwa orang sedang kesepian dan butuh perhatian

Ada saat dimana orang akan menarik diri dari keramaian dan memilih untuk sendiri. Misal saat setelah putus cinta, pindah ke tempat baru, atau pekerjaan baru.

f 98

Sebenarnya kesepian merupakan hal yang normal. Akan tetapi rasa kesepian yang terlalu dalam dan lima juga dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Bahkan pada sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kesepian memiliki resiko kematian hingga 26 persen.

Banyak orang beranggapan bahwa kesepian juga berarti sendiri. Padahal cukup banyak orang yang tetap merasa kesepian meskipun sedang berada di keramaian.

Hal yang disayangkan, banyak orang tidak merasakan dirinya mengalami hal tersebut. Untuk itu Anda sangat perlu untuk mengetahui tanda-tanda bahwa Anda sedang kesepian.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa Anda mengalami kesepian seperti lansiran dari laman Huffington Post:

1. Sering menonton

Bila Anda merasa banyak menghabiskan waktu untuk menonton baik film ataupun acara televise maka hal ini bisa jadi salah satu tanda bahwa Anda sedang kesepian. Memang sekilas Anda tidak merasa jika Anda sedang kesepian, akan tetapi sebuah studi dari University of texas mengungkap bahwa orang yang kesepian dan depresi cenderung lebih senang menghabiskan waktu dengan menonton.

2. Tahu bagaimana cara bersosialisasi akan tetapi kesulitan untuk melakukannya

Melalui serangkaian eksperimen, Megan L. Knowles seorang professor dari  Franklin & Marshall College menemukan bahwa orang yang kesepian akan memiliki kecenderungan pemahaman akan kemampuan bersosialisasi yang baik dibanding dengan orang yang tidak kesepian.

Akan tetapi orang-orang yang kesepian ini akan merasa tertekan saat harus mempraktekkan teori bersosialisasi itu.

3. Saat sendiri justru tidak merasa tertekan

Perbedaan antara me time dan kesepian sangatlah besar. Bila me time atau memilih menghabiskan waktu sendiri akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. Sedangkan kesepian justru sebaliknya.

Seorang yang kesepian akan ditandai dengan rasa cemas, mengalami gangguan susah tidur, dan lebih sering menyibukkan diri dengan media sosial atau Tv ketika sendirian.

4. Aktif di jejaring media sosial

Menurut sebuah studi dari University of Michigan menunjukkan bahwa Anda yang sedang mengalami kesepian akan terlihat sangat aktif di media sosial. Walaupun media sosial dapat membuat Anda tidak merasa kesepian, akan tetapi melihat kehidupan orang lain di linimasa justru terkadang membuat Anda menjadi tidak bahagia.

Baca Artikel Lainnya :

Nah daripada Anda buru-buru melihat media sosial saat Anda sedang kesepian, lebih baik Anda melakukan interaksi tatap muka atau mengobrol di telepon dengan seseorang yang dapat membuat Anda merasa nyaman.

Itulah beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda sebenarnya merasa kesepian dan butuh perhatian. Yang terpenting jangan pernah mengira jika Anda sendirian. Karena tentu ada seseorang yang bisa membuat nyaman saat berada di dekatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *