Tangkuban Perahu, Wisata Kawah Belerang

Jika Anda berminat mengunjungi wisata alam di daerah Bandung, Anda bisa mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu di Cikole, Bandung Utara.

fu 6

Tentang Lokasi dan Kondisi

Gunung Tangkuban Perahu berada 20 km dari pusat kota, dan berada pada ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut. Suhu rata-ratanya di siang hari adalah 17o C, sedangkan di malam hari mencapai 2o C.

Meski termasuk gunung aktif, Tangkuban Perahu cukup aman. Anda bisa melihat sumber air panas dan gas belerang yang baunya tajam.

Bentuknya unik, seperti perahu yang terbalik, dan sering dijadikan lokasi untuk syuting film, iklan, dan foto pre-wedding. Anda juga bisa menemukan banyak tempat menginap di sekitarnya.

Tempat Menarik di Tangkuban Perahu

Karena gunung ini adalah gunung aktif, letusannya mengakibatkan munculnya kawah-kawah menarik di Tangkuban Perahu, yaitu:

  1. Kawah Ratu

Kawah terbesar dari 3 kawah Tangkuban Perahu. Tanah sekitarnya berwarna putih, dengan batu-batu kuning akibat belerang. Asap masih mengepul dari dalam kawah. Karena alasan inilah, dipasang pagar kayu demi keamanan.

Jalur menuju tempat ini cukup mudah dicapai memakai mobil pribadi. Sedangkan untuk berkeliling, tersedia kuda jika Anda lelah berjalan kaki.

Sebelum pulang atau melanjutkan perjalanan, sempatkan diri menuju toko souvenir yang menjual pakaian hangat dan kerajinan kayu. Jika lapar, ada warung-warung yang menyediakan makanan khas Lembang.

  1. Kawah Upas

Kawah kecil dan dangkal persis di sebelah Kawah Ratu. Jalur menuju tempat ini sendiri terjal dan penuh pasir, sehingga tak banyak turis yang berkunjung.

  1. Kawah Domas

Di kawah ini, Anda bisa melihat lebih dekat, bahkan Anda bisa merebus telur di kawahnya langsung. Tetapi kalau Anda berkunjung di atas pukul 16:00 WIB, Anda harus bersama pemandu untuk alasan keamanan.

Di sekitar kawasan ini, Anda bisa melihat Pohon Manarasa. Daunnya merah, dan mempunyai rasa yang mirip daun jambu. Menurut kepercayaan setempat, daun ini berkhasiat untuk mengobati diare dan obat awet muda.

Transportasi dan Tiket Masuk

Karena kendaraan pribadi diperbolehkan masuk sampai ke dalam kawasan kawah, maka terdapat lahan parkir yang luas di kawasan ini. Bagi Anda yang naik kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalur:

  • Dari pintu tol Pasteur menuju Jl. Dr.Djunjunan – Pasir Kaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang –Tangkuban Perahu.
  • Dari pintu tol Padalarang ke Cimahi – ke kiri ke Jl. Kolonel Matsuri – pertigaan Jalan Raya Lembang, ke kiri – Tangkuban Perahu.

Untuk kendaraan umum:

  • Terminal Leuwi Panjang – bus Bandung-Indramayu – pertigaan gerbang Tangkuban Perahu.
  • Stasiun Hall – angkot Stasiun Hall-Lembang – perempatan – angkot Lembang-Cikole – pinggir kawah.

Tiket masuk untuk kawasan ini adalah sebagai berikut:

  • Domestik:
  • Masuk : Rp13.000,00
  • Parkir : motor (Rp 5.000,00)/mobil (Rp10.000,00)/bus (Rp20.000,00)
  • Internasional:
  • Masuk : Rp50.000,00
  • Parkir : motor (Rp 7.000,00)/mobil (Rp15.000,00)/bus (Rp25.000,00)

Jangan lupa untuk mengenakan pakaian hangat dan masker ketika mengunjungi tempat ini.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *