Tari Barong, Tarian Tradisional Asli Bali

Barong sendiri muncul dari kata bahrwang yang bisa diartikan menjadi beruang. Beruang ini dipercayai memiliki kekuatan mistis, hewan mitos yang mempunyai kekuatan gaib yang begitu tinggi, sehingga ia dipuja menjadi pelindung, banyak sumber yang mengatakan bila sejarah tari ini berasal dari cerita masyarakat Tiongkok yakni Barongsai, beberapa orang yang lain menganggap bila perbedaan tari Barong dan juga Barongsai ialah mempunyai cerita yang begitu baik serta bisa diselingi dengan humor.

fia 99

Hal ini membuat penonton tidak merasa bosan. Tarian Barong ini menceritakan kisah yang sering sekali diceritakan di dalam cerita rakyat atau pun pertempuran melawan orang jahat.

Di sepanjang sejarah tari Barong ini pihak yang baik selalu digambarkan dengan Barong, yakni makhluk buas yang mempunyai kaki 4 di dalamnya serta dikendalikan oleh 2 orang penari. Untuk pihak yang jahat digambarkan dengan yang sama yakni Rangda. Sosok ini mirip wanita yang begitu menyeramkan serta mempunyai 2 buah taring yang begitu besar di bagian mulutnya.

Ada pandangan yang begitu berbeda yakni salah satunya menyatakan jika Tari Barong ini ialah seni yang telah lama ada di Indonesia. Pandangan ini juga memberi kisah yang dimainkan di dalam tari Barong yang merupakan kisah Bhatara Pancering Jagat serta istrinya.

Kali pertama di dalam sejarah tari Barong ini dijadikan untuk pertunjukan di abad 19, saat itu Raja Kelungkung yang mempunyai julukan Ida I Dewi Agung meminta diadakan pertunjukan yang bentuknya seperti wayang orang dengan total penari sebanyak 36 orang dimana sebagian penari tadi harus berperan menjadi pasukan seekor raja serta sebagian lagi berperan menjadi pasukan rahwana.

Penari di haruskan mengenakan topeng dan juga busana yang dibuat dari serat bernama braksok, karena begitu populernya pertunjukan ini diberi nama dengan Barong.

Ada beberapa macam Barong, antara lain:

  • Barong ket. Tarian ini wujudnya seperti perpaduan dari macan, singa, sapi. Badan dari barong ini mempunyai hiasan ukir yang terbuat dari kulit yang memang ditempeli dengan cermin sehingga ia begitu nampak berkilau, bulu yang berada di Barong Keket ini terbuat dari perasok,
  • Barong berwujud hewan kedua. Di dalam sejarah ini dikenal dengan Barong Bangkal yang sering disebut dengan Barong Celeng. Sesuai namanya Barong ini mempunyai bentuk yang menyerupai bangkung atau babi besar yang telah tua,
  • Barong macan. Barong ini berwujud macan. Salah satu jenis Barong ini dikenal begitu baik oleh masyarakat Bali,
  • Barong Landung. Jenis ini tidak lagi berbentuk seperti hewan akan tetapi jauh lebih mirip ondel-ondel jakarta. cerita yang meliputi Barong Landung ini ialah penggambaran dari Raja Kerajaan Bali yang memiliki nama Jaya Pangus.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *