Teh Hitam sebagai Pewarna Alami Rambut

Rambut putih atau yang sering disebut sebagai uban kerap kali muncul tiba- tiba di kepala. Mungkin bagi orang-orang yang memiliki usia beranjak dewasa bahkan tua hal tersebut memanglah wajar.

Untitled

Namun, Bagaimana jika uban tersebut muncul pada orang yang masih memiliki usia muda tentu hal tersebut sangat menggangu penampilan dan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri yang ada.

Penyebab munculnya uban dikepala pada usia yang muda dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya stres, perokok, kurang mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, hormon, bahkan faktor keturunan juga menjadi hal yang dapat memicu munculnya uban lebih cepat.

Kebanyakan orang yang masih memiliki umur muda untuk menutupi munculnya uban dikepala adalah dengan melakukan pengecatan rambut. Namun, sebenarnya hal tersebut bukanlah solusi yang tepat karena justru akan menggangu kesehatan rambut itu sendiri.

Adanya kandungan bahan kimia pada cat rambut akan mempengaruhi keadaan kulit kepala dan rambut sehingga rambut menjadi cepar rapuh bahkan akan mengakibatkan kerontokan. Jika hal itu terjadi tentu akan sangat menggangu dan berbahaya.

Keadaan tersebut memang sulit untuk diatasi oleh karena itu sebaiknya sebelum uban muncul kita harus mulai mejaga pola hidup kita seperti menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seperti memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan.

Selain melakukan perawatan dari dalam, perawatan kecantikan dari luar juga perlu dilakukan agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Perawatan kecantikan rambut tersebut sebaiknya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami karena selain lebih ekonomis juga sangat terjamin keamanan dan kesehatannya bagi rambut dan kulit kepala.

Salah satu bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menutupi uban dan mengembalikan warna rambut alami ialah dengan menggunakan teh hitam.

Teh merupakan tanaman yang banyak tumbuh di dataran tinggi. Tanaman ini sangat populer sebagai minuman yang memiliki aroma serta cita rasa yang sangat tinggi. Hampir setiap hari minuman teh dapat dengan mudah ditemukan.

Selain memiliki aroma serta rasa yang lezat, teh juga dikenal memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Dalam dunia kecantikan teh dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Tapi, tahukan kamu ternyata teh juga dapat dijadikan sebagai pewarna alami rambut loh khusunya teh hitam.

Teh hitam memiliki kandungan flavonoida yang merupakan pigmen alami yang bermanfaat untuk warna rambut sehingga rambut putih yang muncul akan tersamarkan oleh warna dari teh hitam tersebut.

Cara penggunaannya juga sangatlah mudah yaitu dengan membuat air teh seperti membuat minuman biasa hanya saja teh yang dibuat lebih pekat. Setelah itu oleskan pada rambut secara merata mulai dari pangkal hingga ujung rambut sambil dipijit.

Diamkan selama satu malam agar teh meresap kedalam rambut dan bungkus dengan menggunakan plastik rambut. keesokan harinya bilas rambut dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan tersebut secara teratur minimal 2 kali dalam seminggu.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *