Teh Putih vs Teh Hijau, Mana yang Lebih Sehat?

Seperti saudara dekat mereka the hitam, baik teh hijau ataupun teh putih merupakan satu keluarga dari tanaman Camellia sinensis. Warna daun menunjukkan tingkat dari oksidasi yang diproses oleh daun.

f 45

Akan tetapi kedua dari teh putih dan teh hijau ini sama-sama mengandung polifenol yang merupaakn salah satu senyawa antioksidan dengan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Sebuah penelitian ilmu=iah juga telah membuktikan jika teh putih lebih memiliki keunggulan dari teh hijau dalam kasus perlindungan terhadap kanker.

Sedangkan the hijau diproduksi dari daun teh yang belum layu atau emngalami oksidasi. Sedangkan untuk the putih diproduksi dari tunas dan daun muda. Untuk rasa sendiri the putih juga jauh lebih ringan dibandingkan dengan the hijau dan juga memiliki rasa yang manis.

National Cancer Institute juga melaporkan bahwa the putih dan hijau memiliki kandungan catechin yaitu sejenis polifenol yang bersifat seperti antioksidan.

Manfaat teh putih

Bila berbincang mengenai pencegahan kanker, teh putih mungkin memang memiliki keunggulan lebih dibanding the hijau. Pada tahun 2000 para Peneliti di Linus Puling Institute menguji empat jenis teh putih pada tikus untuk mengukur manfaat mereka dalam membantu pencegahan kanker usus besar.

Karena teh putih memiliki kandungan polifenol yang lebih tinggi. Para peneliti juga telah menyimpulkan bahwa the putih jauh lebih ampuh dalam mencegah terjadinya kerusakan sel yang dapat memicu datangnya kanker.

Akan tetapi peneliti juga mengonfirmasi bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi untuk mengetahui manfaatnya terhadap manusia.

Manfaat teh hijau

University of Maryland Medical Center melaporkan, jika ternyata the hijau dapat membantu untuk menghentikan pertumbuhan sel dari beberapa jenis kanker termasuk diantaranya kanker esophagus, kanker payudara, kanker perut, dan kanker prostat.

UMMC juga telah mencatat bahwa the hijau memberikan hasil yang posistif peda pencegahan kolesterol tinggi dan aterosklerosis yang keduanya merupakan pemicu penyakit jantung.

Selain itu manfaat the hijau lainnya yaitu dapat mengaktifkan proses thermogenesis atau biasa juga disebut dengan proses pembakaran lemak yang memberikan kontribusi banyak pada program penurunan berat badan.

Tidak hanya itu saja, ada juga laporan yang diterbitkan oleh “Journal of India Society of Periodontology” pada 2012 ternyata menemukan bahwa the hijau dapat meningkatkan kesehatan gigi dengan cara mengurangi peradangan akibat dari adanya bakteri.

Baca Artikel Lainnya :

Prasyarat minum teh

The putih dan teh hijau memiliki tingkat kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan the hitam atau kopi. Teh putih memiliki kandungan kafein sekitar 30-55 miligram per cangkirnya. Sedangkan teh hijau mengandung sekitar 35-70 miligram per harinya.

Hasil studi juga mengemukakan jika Anda menambahkan lemon atau kedelai ke dalam the hijau maka akan menyebabkan senyawa antioksidan yang terkandung lebih mudah diserap oleh tubuh.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *