Teknik Budidaya Kelapa di Pinggir Pantai

Salah satu hasil alam Indonesia tang sangat jarang bisa dijumpai di negara lain memang adalah kelapa, mengingat tanaman yang satu ini memang hanya bisa tumbuh di daerah dengan iklim tropis, bukan yang lainnya, sehingga untuk masalah ketersediaan minyak tanah, negara Indonesia memang tak kekurangan, apalagi hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia bisa ditanami pohon yang satu ini. Kelapa sendiri tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai minyak goreng namun juga untuk hal-hal yang lainnya, mulai dari daun, batang dan juga buahnya bisa digunakan.

1

Jika selama ini anda sudah sering kali melihat tanaman kelapa yang ada di pinggir-pinggir pantai maka tak ada salahnya bukan jika menjadikan lahan marginal tersebut untuk menanam kelapa, meskipun jika melihat pada kenyataan lahan marginal kurang begitu bagus untuk dijadikan sebagai tempat pembudidayaan kelapa, berbeda dengan menanamnya pada lahan kosong dengan sumber hara yang banyak. Namun juga jangan salah karena pada dasarnya lahan tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk budidaya kelapa meskipun dengan hasil yang tak sebagus tanah yang kaya unsur hara. Berikut ini ada beberapa kiatnya:

  • Kenali dulu karakter tanah yang akan digunakan, seperti yang kita ketahui bahwa tanah di sepanjang pantai memang kaya akan pirit, jenis bahan yang satu ini sewaktu-waktu bisa menjadi racun sehingga tak baik untuk ditanami sesuatu. Jadi sebisa mungkin lakukan percobaan dengan menanam beberapa buah jika mati maka bisa diketahui bahwa ada kandungan racun di dalamnya, namun jika tidak maka anda bisa melanjutkannya.
  • Perhatikan pengairan, jika dilihat daerah pinggir pantai kebanyakan pasti berasal dari air asin, sebenarnya tak masalah untuk pertumbuhan kelapa anda, namun hasilnya tentu tak akan maksimal buatlah parit-parit untuk pengairan di sepanjang lahan yang akan anda jadikan sebagai tempat pembudidayaan, irigasi yang baik akan memberikan hasil maksimal.
  • Buatlah bendungan air hujan, ini yang nantinya akan membedakan kelapa yang memang asli tumbuh dari tanah pantai dengan yang hanya memanfaatkan lahannya saja, yaitu dari segi pengairan, bendungan tersebut dibuat agar pada saat musim hujan banyak air tawar yang tersimpan, sehingga saat nanti memasuki musim kemarau maka anda masih memiliki persediaan air tawar yang cukup untuk mengairi kebun kelapa tersebut, mengingat air tawar jauh lebih baik dari air asin.
  • Hindari pengeringan area sekitar atau yang mengandung pirit, jika hal tersebut anda lakukan maka pohon kelapa yang sudah ditanam akan secara langsung mengering, jadi sebisa mungkin usahakan agar lokasi budidaya kelapa tetap basah.

Terbilang sulit memang dibandingkan dengan pembudidayaan kelapa pada lahan yang semestinya, namun jika anda bisa melakukannya cukup banyak keuntungan yang bisa di dapatkan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *