Teknik Budidaya Tanaman Bunga Lily

Teknik Budidaya Tanaman Bunga Lily – Bunga lily merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini juga menjadi salah satu ikon khas dari beberapa negara di dunia. Ada lebih dari seratus jenis bunga lily yang tersebar hampir di seluruh pelosok dunia. Jenis tersebut dibedakan dari bentuk dan warna yang dimilikinya.

Untitled

Bunga lily juga kerap dijadikan aksen penghias rumah karena memiliki warna-warna yang cerah dan cantik. Ada beberapa macam warna bunga lily mulai dari warna putih, merah, orange, kuning, ungu, sampai dengan biru. Namun yang paling populer diantara beberapa warna tersebut adalah warna putih.

Tanaman jenis ini merupakan tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Pasalnya tanaman ini dapat tumbuh dan hidup di berbagai macam kondisi tempat mulai dari hutan, rawa-rawa, pegunungan, maupun pekarangan rumah. Tak heran banyak orang yang penasaran dan ingin mencoba menanam tanaman ini di rumah.

Karena mudah dibudidayakan, menjadikan daya tarik tersendiri bagi para petani bunga. Selain itu profit yang dihasilkan dari bisnis bunga lily ini juga tak kalah menguntungkan dari jenis bunga lainnya. Bagi anda yang tertarik dan ingin mencoba budidaya bunga lily, bisa simak terlebih dahulu ulasan yang satu ini.

Sebelum anda memulai budidaya bunga lily, yang harus diperhatikan adalah anda harus tagu terlebih dahulu bagaimana karakteristik bunga lily. Mulai dari syarat tumbuh sampai dengan proses penanaman dan perawatan. Agar nantinya hasil yang anda dapatkan sesuai dengan harapan.

  1. Pembibitan

Bibit bunga lily bisa diperoleh dari umbi induk yang sudah berumur. Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, sebaiknya anda memiliki umbi dari induk yang berkualitas pula. Sebelum bibit ditanam, sebaiknya direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 12 sampai 24 jam. Hal tersebut dilakukan agar dapat mempercepat pertumbuhan tunas dari umbi yang akan ditanam. Sebelum ditanam, bibit juga harus melalui tahap penyemaian.

  1. Penanaman

Setelah bibit selesai disemai, selanjutnya bisa langsung ke tahap penanaman. Penanaman bisa dilakukan di media tanah di kebun, atau bisa juga di media polybag atau pot. Media tanam yang digunakan bisa dibuat dari campuran tanah, pasir, pupuk organik (kompos atau pupuk kandang) dengan takaran 1 banding 1.

Lakukan pemindahan bibit dari tempat penyemaian ke media tanam dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman. Lakukan penyiraman secara teratur pada sore hari agar bibit cepat tumbuh dan tidak layu.

  1. Perawatan

Sama halnya dengan jenis tanaman lain, bunga lily juga memerlukan perawatan agar dapat tumbuh dengan baik. Perawatan bisa dilakukan dengan cara penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Namun saat melakukan penyiraman jangan sampai terlalu lembab agar tidak menyebabkan tanaman menjadi busuk. Selain itu lakukan pemberian pupuk secara berkala untuk memenuhi asupan nutrisi tanaman.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Teknik Budidaya Tanaman Bunga Lily

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *