Teknik Budidaya Tanaman Hias Monstera

Teknik Budidaya Tanaman Hias Monstera – Monstera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari. Walaupun namanya tak setenar bunga mawar ataupun melati, namun kecantikan tanaman yang satu ini tak bisa dipandang sebelah mata. Tanaman jenis ini sangat cocok dijadikan aksen penghias ruangan ataupun teras rumah.

Untitled

Tanaman monstera ini merupakan salah satu jenis tanaman merambat atau memanjat. Batangnya yang memiliki akar membuat tanaman ini merampat untuk menyerap air ke segala arah dimana ada air dan nutrisi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh.

Sebagian akar yang dimiliki tanaman ini menancap ke tanah, dan sebagian lagi biasanya menggantung di udara. Akar yang menggantung di udara bukan berarti tak digunakan atau tak memiliki fungsi. Akar tersebut berfungsi sebagai penyeimbang tanaman.

Bentuk tanaman yang satu ini terbilang cukup unik, karena memiliki daun bulat yang lebar dan berwarna hijau pekat. Pada daunnya terdapat tekstur yang mirip dengan sobekan sobekan. Setiap jenis atau varietas monstera memiliki pola sobek yang berbeda-beda.

Saat ini keberadaan tanaman jenis monstera tengah naik daun. Tak heran banyak petani tanaman hias yang mulai terjun untuk melakukan budidaya tanaman yang satu ini. Selain karena profit yang didapat tinggi, proses budidaya tanaman yang satu ini juga terbilang cukup mudah. Tak heran bahwa saat ini monstera menjadi salah satu jenis tanaman idola.

Monstera merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu perlu diperhatikan penempatan tanaman yang satu ini. Letakkan tanaman monstera di tempat-tempat yang terkena sinar matahari secara tidak langsung seperti teras rumah.

Atau anda juga bisa meletakkan tanaman ini di dalam ruang, namun anda harus membuatkan sinar buatan apabila tidak ingin repot-repot membawa tanaman ini keluar ruangan secara rutin.

Tanaman yang satu ini dapat hidup dengan baik di tempat yang memiliki suhu 75 sampai dengan 85 derajat fahrenheit pada siang hari, dan 60 derajat fahrenheit pada malam hari. Untuk media tanamnya sendiri tidak jauh berbeda dengan jenis tanaman hias yang lain.

Media tanah yang baik digunakan untuk tanaman yang satu ini terbuat dari campuran tanah dengan pasir serta kompos dengan perbandingan 1 banding 1. Budidaya tanaman monstera bisa dilakukan dengan cara vegetatif.

Salah satu cara termudah untuk memperbanyak tanaman yang satu ini adalah dengan setek batang. Proses seteknya juga tak berbeda dengan setek yang dilakukan pada tanaman jenis lain. Apabila ingin memperoleh hasil bibit yang baik maka juga diperlukan indukan yang baik.

Perawatan tanaman bunga monstera juga sama dengan jenis tanaman lain yakni dengan penyiraman secara rutin, pemupukan berkala, dan menghindarkannya dari berbagai macam jenis hama serta penyakit yang mengancam.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *