Teknik Budidaya Tanaman Rumput Gajah

Teknik Budidaya Tanaman Rumput Gajah – Melakukan budidaya tanaman rumput gajah merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, nilai jual yang menjanjikan juga bisa membuat budidaya rumput gajah layak dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan. Rumput dicari untuk memenuhi kebutuhan penghias taman hingga makanan sehat bagi ternak. Pemeliharaannya yang tidak sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja membuat budidaya rumput gajah semakin menjanjikan. Oleh karena itu, hal ini patut diperhitungkan sebagai salah satu ladang usaha yang anda terapkan mulai sekarang.

a

Persiapan lahan budidaya rumput gajah

Walaupun membudidayakan rumput gajah terbilang mudah, ada beberapa hal penting yang wajib anda ketahui seputar seluk beluk mengenai budidaya rumput gajah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah persiapan dan penggarapan lahan. Pastikanlah lahan yang anda pilih cocok dengan bibit rumput gajah yang akan digunakan.

Lahan yang dipilih harus bersih dari rumput liar dan juga gulma agar pembudidayaan berjalan lancar. Bidang lahan yang digunakan sebaiknya agak miring ke arah lubang air supaya bibit tidak rusak dan membusuk. Jangan lupa beri pupuk supaya tanah menjadi subur dan proses pertumbuhan rumput berlangsung lancar.

Pembibitan dan penanaman rumput gajah

Jika lahan sudah dipersiapkan secara maksimal, maka tanamlah bibit rumput secara menyebar. Bagi bibit menjadi beberapa bagian dan sebarkan pada bagian lahan secara tepat supaya rumput yang nantinya tumbuh tidak bergerombol dan kurang ideal. Pengaturan jarak harus dilakukan supaya tanaman rumput yang dihasilkan terkesan lebih sempurna. Selain itu, pemeliharaannya pun terasa lebih mudah dilakukan sehingga rumput yang cantik dan teratur bisa didapatkan. Menanam bibit rumput gajah dapat dilakukan dengan mempertemukan ujung daun pecahan bibit satu dengan bibit lainnya. Kemudian, permukaan bibit bisa dipukul dengan papan kayu supaya tertanam lebih dalam.

Pemeliharaan dan panen rumput gajah

Pemeliharaan rumput gajah pada dasarnya sangatlah mudah. Anda cukup rutin menyiramnya supaya pertumbuhan rumput berjalan sempurna. Selain itu, anda juga bisa melakukan perawatan supaya pasir yang ada di rumput bisa disingkirkan dan tidak membuat rumput membusuk begitu saja. Setelah rumput tumbuh sempurna, maka tibalah saatnya untuk panen dan memasarkan hasil budidaya yang anda lakukan sehingga keuntungan yang anda inginkan bisa didapatkan.

Peminat rumput gajah sangatlah banyak mengingat kebutuhan penataan dan penghias taman sangatlah tinggi. Mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga gedung perkantoran mengandalkan rumput gajah untuk mempercantik suasana taman yang dimiliki agar terlihat lebih hijau dan juga menarik.

Dengan melakukan seluruh proses budidaya dengan maksimal, tentu saja hasil yang akan anda peroleh terasa sangat menjanjikan. Bahkan hal ini juga bisa dijadikan alternative untuk menyalurkan hobi dan kegemaran yang anda punya sekaligus mendapatkan keuntungan bisnis yang sangat menjanjikan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *