Teknik Budidaya Tanaman Sawi Manis

Negara kita Indonesia ini sangat mempunyai tanah yang subur di bandingkan dengan Negara lainnya, sehingga sangat potensial sekali untuk mengembangkan tanaman sayur-sayuran. Sejak zaman dulu Indonesia sendiri terkenal  dengan hasil rempah-rempah dan sayurannya di mancanegara. Di lihat dari salah satu aspek kondisi alam Indonesia, bisnis sayuran sangat bagus sekali untuk di kembangkan.

1

Dari banyak tanaman sayuran yang sangat mudah untuk di budidayakan di Indonesia,yang memiliki aspek bagus  adalah tanaman atau sayuran sawi, permintaan akan sayuran sawi tiap hari terus meningkat sebab sayuran sawi ini menjadi salah satu sayuran yang banyak di gemari masyarakat, selain enak rasanya untuk campuran makanan seperti mie ayam atau hanya sekedar di tumis.

Tanaman sawi mempunyai segudang  kandungan gizi dan vitamin yang bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita diantaranya: Penyembuh penyakit kepala, bahan pembersih darah, menghilangkan rasa gatal di tenggorokan untuk  penderita batuk, memperbaiki fungsi ginjal dan system pencernaan.

Jenis tanaman sawi pun sangat benareka ragam, mulai dari sawi hijau(caisim), sawi putih dan pakcoy(sawi manis). Sawi manis(Pakcoy) mempunyai nama latin (Brassica Chinensis)yaitu sayuran yang masih termasuk kategori Brassicaceae.

Sayuran Pak Coy ini termasuk satu ras dengan golongan sayuran-sayuran sawi pada umumnya ,sawi pakcoy ini mempunyai julukan nama yang banyak antara lain sawi sendok, sawi manis atau sawi daging sebab pakcoy mempunyai pangkal sayur yang lembut dan tebal seperti  daging. Sayuran sawi manis ini biasanya di gunakan untuk masakan sub, tumis di masakan restoran-restoran chines, dan harganya pun boleh di bilang cukup mahal.

Sayuran sawi manis ini bisa dapatkan dipasar tradisonal maupun modern namun kadang kala tanaman sawi  manis di pasar kurang segar dan stok yang terbatas,  anda juga harus dapat membedakan sendiri jenis sayuran sawi yang mau di beli, sebab tanaman sawi sangat banyak  jenisnya mulai dari sawi hijau, sawi putih atau sawi manis(pakcoy) jadi jangan salah beli ya.

Sawi manis awalnya sangat popular di china namun seiring perkembangan mulai menyebar ke  berbagai Negara dan salah satunya Indonesia, namun budidayanya di Indonesia saya rasa kurang begitu banyak, nah ini bisa menjadi peluang bisnis sayuran yang sangat menguntungkan. Jika anda berminat untuk bisnis sayuran sawi atau hanya sekedar membudidayakannya untuk konsumsi sendiri , berikut adalah Teknik budidaya tanaman sawi manis yang dapat anda coba.

Teknik Budidaya Tanaman Sawi Manis

Karakteristik Sayuran Sawi Manis.

  1. Sawi manis (packcoy) termasuk sayuran yang umurnya pendek, hanya berumur kurang lebih 45 hari, jadi bisa di panen dengan cepat.
  2. Sawi manis dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi.
  3. Ph tanah yang baik untuk menanan sawi manis berkisar 5,5 sampai 6 areasi lahan sempurna.
  4. Tanaman sawi manis dapat tumbuh dengan baik di daerah yang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Persiapan lahan Sayuran Sawi Manis

Hal utama yang harus anda persiapkan sebelum menanam sawi manis adalah lahan. Persiapan lahan ini dapat anda mulai dengan membuat bedeng berukuran 2 atau 3 meter dan panjang bedeng dapat di sesuaikan dengan ukuran lahan keseluruhan.

Setelah itu anda dapat membuat saluran air (kali) denagan ukuran lebar  50 cm, setelah itu ratakan permukaan lahan dan beri pupuk kompos  dengan dosis 7 sampai 10 ton per Ha. Tahap akhir dalam persiapan lahan yaitu dengan menyiram lahan dengan air secukupnya agar  pupuk kompos memadat.

Pembibitan Sayuran Sawi Manis

Tahap selanjutnya adalah pembibitan, benih dapat anda beli di toko benih tanaman, tentunya anda harus memilih benih yang unggul untuk hasil panen yang maksimal. Setelah benih sawi manis unggul di dapat, tanamlah benih dalam polybag atau bedeng lain khusus pembenihan, dengan cara menanam, taburkan benih pada permukaan tanah lalu tutup benih dengan tanah sekitar 2 cm. kemudian lakukan perawatan dengan cara menyiram benih rutin tiap hari, setelah 3 atau 4 hari benih akan tumbuh. Tunggu benih sampai mempunyai 4 atau 5 helai daun, setelah itu pindahkan ah benih sawi manis tersebut ke bedeng utama.

Penanaman Sayuran Sawi Manis

Langkah penting selanjutnya dalam budidaya sawi manis adalah proses penanaman , hal yang harus di perhatikan dalam memilih bibit sawi manis yang berkulitas adalah pilihlah bibit yng batangnya tegak dan daunnya berwarna hijau, tentunya yang bebas dari hama. Cara penanaman: buatlah lubang 4×6 cm pada bedeng utama, jika bibit sudah terlalu besar anda juga dapat membuat lubang 8x10cm.

Pindahkan bibit sawi manis pilihan ke bedeng utama dengan hati-hati  usahakan tanah pada akar tidak pecah, lalu tutuplah lubang dengan tanah gembur  dengan rapi dan jangan di tekan.

Perawatan Sayuran Sawi Manis

Langkah selanjutnya dalam budidaya sawi manis adalah perawatan tanaman. Point penting dalam proses perawatan ini adalah penyiraman secara teratur. Sebab  tanaman sawi manis tergantung pada air, terutama saat musim kemarau.penyiangan dapat di lakukan 3 sampai 4 x selama masa tanam, penjarangan dapat di lakukan 2 minggu setelah proses penanaman. Untuk masalah pemupukan dapat menggunakan NPK dengan takaran 300kg/Ha dan juga urea dengan takaran 50kg/Ha, pemberian pupuk dengan cara melarutkan pupuk dengan air dan di semprotkan pada tanaman.

Pencegahan Hama Sayuran Sawi Manis

Pencegahan hama sangat penting untuk di perhatikan demi menjaga kualitas tanaman sawi manis yang di budidayakan. Biasanya hama yang menyerang adalah ulat,siput, cacing bulu dan tritip. Dan jenis penyakit yang menyerang adalah serangan jamur bakteri, hama dan penyakit ini dapat di tanggulangi dengan memberikan pestisida dan selalu menjaga kebersihan lahan bedeng  secara teratur.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *