Teknik Budidaya Tanaman Seledri dengan Hidroponik

Seledri, tentunya banyak diantara anda yang mengetahui penyedap masakan yang satu ini bukan, selain digunakan dalam makanan ternyata tanaman ini juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

1

Jika pada umumnya anda melihat cara penanaman dengan medium biasa atau tanah, maka baru-baru ini ada cara penanaman yang tidak harus menggunakan tanah, melainkan digantikan dengan air atau yang lebih dikenal dengan sistem hidroponik, ada cukup banyak jenis tanaman yang bisa ditanam dengan cara yang satu ini, diantaranya adalah seledri tersebut.

Ada banyak sekali cara budidaya seledri, salah satunya adalah menggunakan sistem hidroponik NFT atau nutrient film technique, berikut ini ada beberapa tahapan jika anda ingin melakukan budidaya seledri dengan cara tersebut:

  1. Penyemaian, sama seperti pembibitan dengan cara biasa maka tahapan pertama yang harus dilakukan adalah dengan penyemaian, penyemaian ini bertujuan untuk menumbuhkan biji dari seledri, karena daya tumbuh dari bibit sangat rendah maka proses ini menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Usahakan untuk membeli bibit yang benar-benar unggul. Caranya adalah dengan menaburkan bibit seledri yang sebelumnya telah dipilih pada media semai kemudian sedikit membasahinya menggunakan air.
  2. Simpan bibit yang telah disemai tersebut pada tempat yang lembab dan hindari terkena sinar matahari secara langsung karena bisa merusak bagian yang akan tumbuh. Biarkan hingga bibit-bibit tersebut tumbuh hingga beberapa hari dan siap untuk ditanam, biasanya adalah 28 hari.
  3. Setelah berusia 28 hari maka bibit-bibit tersebut siap anda pindahkan pada NFT sistem, proses pemindahan tersebut juga harus dilakukan dengan hati-hati agar tak ada bagian yang putus, mengingat tanaman seledri memang sangat rawan putus.
  4. Peyiraman dilakukan setiap hari, apalagi penanaman dengan NFT sistem ini nutrisi memang secara langsung dialirkan oleh pompa air yang secara langsung akan masuk ke dalam ke dalam sistem dengan aliran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga akar dari tanaman seledri tersebut juga senantiasa basah, jadi anda tak perlu melakukan perawatan yang sulit.
  5. Anda hanya tinggal merawat agar seledri tumbuh tanpa terserang hama, dalam beberapa waktu maka seledri bisa secara langsung anda panen.

Bagaimana cukup mudah bukan, apalagi jika menengok ke pasaran harga seledri juga tak bisa dikatakan murah, maka nampaknya budidaya tersebut bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan untuk anda.

Tak memiliki lahan yang luas bukan sebuah alasan untuk tidak menanam sesuatu yang menghasilkan, apalagi saat ini budidaya tak memerlukan media seperti tanah, melainkan bisa disiasati dengan menggunakan sistem hidroponik atau menggunakan air. Tak ada salahnya bagi anda untuk mencobanya sendiri, namun tak semua tanaman bisa ditanam dengan cara ini.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *