Teknik Lengkap Budidaya Ikan Koi 2015

Teknik Lengkap Budidaya Ikan Koi 2015 – Salah satu ikan hias yang masih tetap mempunyai pangsa pasar tersendiri saat ini adalah ikan koi. Ikan yang masih satu golongan dengan ikan mas ini, memang mempunyai bentuk yang khas yaitu warna yang beraneka ragam.

a

Warna-warna inilah yang sering menarik untuk dilihat dan juga dipercaya oleh sebagian orang akan bisa mendatangkan keuntungan atau berkah. Ukurannya yang bisa mencapai panjang 30 cm, membuat ikan hias jenis ini memiliki harga yang cukup tinggi dan menjanjikan, bila dibandingkan dengan jenis ikan hias yang lain.

Langkah awal budidaya ikan koi

Adapun untuk sebuah langkah awal yang perlu anda pertimbangkan untuk memulai usaha ini adalah lokasi yang strategis dan tepat. Pilihlah sebuah lokasi yang dari sisi keamanannya cukup terjamin dari tangan-tangan penjarah serta incaran predator hewan lain.

Penempatan dari kolam ini bisa saja dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, asal kolam di dalamnya menyediakan pasokan air mengalir yang cukup jernih. Penggunaan lokasi luar ruangan akan lebih mudah karena sirkulasi cahaya matahari serta udara bisa terjadi dengan baik, asalkan dibuat penutup pada atas kolam untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.

Pembuatan kolam

Saat ini kolam bisa saja dibuat dari bahan yang bermacam-macam jenisnya. Mulai dari berbahan semen hingga terpal, keduanya juga sama-sama baik asalkan memang pasokan serta kualitas air bisa terjaga.

Pembuatan kolam ini juga bisa dilakukan di atas tanah, yaitu dengan membangun tembok dengan ketinggian serta luas tertentu. Pada umumnya ukuran yang digunakan adalah 4 meter kali 5 meter dengan ketinggian antara 1-1,5 meter. Bila anda tertarik menggunakan bahan terpal, maka pilihlah jenis terpal yang halus dan berkekuatan cukup tinggi.

Teknik pengelolaan ikan

Untuk teknik pengelolaan ikan koi ini, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, antara lain:

  • Memilih indukan. Proses ini sangatlah penting dilakukan karena ikan koi yang sehat dan tepat tentu saja akan sangat berpengaruh pada hasilnya nanti,
  • Pemeliharaan indukan, bisa dilakukan pada kolam dengan kedalaman 150 cm, serta isi maksimal setiap kolam adalah 40 buah ikan,
  • Pemijahan ikan, biasanya juga dilakukan pada kolam khusus atau tersendiri. Proses ini akan diikuti dengan kegiatan penetasan larva ikan yang sudah dihasilkan hindukan hingga pada proses pendederan ikan,
  • Penyortiran ikan, merupakan teknik pemilihan anak hasil penetasan dengan fisik terbaik untuk dijual dengan harga yang tinggi.

Pemberian pakan

Pemberian pakan yang tepat tentu akan berpengaruh pada proses pertumbuhan ikan, sehingga bisa memunculkan warna cerah yang menarik. Pemberian pakan berkualitas dan teratur pasti akan membuat ikan-ikan anda mempunyai nilai jual yang cukup tinggi di pasaran. Adapun untuk tetap menjaga kebersihan dan juga kualitas air, maka gunakan filter air yang memadai.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Teknik Lengkap Budidaya Ikan Koi 2015

  1. Pingback: Mencegah Ikan Budidaya Hilang Saat Banjir | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *