Teknik Mengoperasikan Komputer dengan Baik dan benar

Teknik Mengoperasikan Komputer dengan Baik dan benar – Sebagian dari Anda yang masih pemula dalam menggunakan komputer, kemungkinan merasa kesulitan saat mengoperasikan komputer karena belum terbiasa.

Sebenarnya tahap mengoperasikan komputer terbagi menjadi tiga yaitu menyalakan komputer, proses pengoperasian komputer dan mematikan komputer. Secara lebih detailnya dapat Anda baca di dalam pembahasan di bawah ini.

Untitled

  1. Menyalakan komputer

Sebelum mulai menyalakan komputer, pastikan bahwa semua perangkat seperti mouse, keyboard serta monitor maupun kabel power sudah dalam kondisi terhubung power supply. Pastikan juga PC memang sudah terinstal sistem operasi.

  • Tekan tombol power di CPU dan ikuti dengan menekan tombol power pada monitor
  • Tunggu sesaat ketika proses loading sampai muncul jendela windows
  • PC/ komputer siap digunakan
  1. Mengoperasikan komputer

Mengoperasikan komputer sebenarnya sangat bergantung pada program maupun aplikasi yang hendak Anda gunakan. Setelah komputer berhasil dinyalakan, proses selanjutnya yakni mulai mengoperasikan komputer sesuai kebutuhan maupun tujuan Anda mempelajari komputer.

Misalnya tujuan Anda belajar komputer adalah sebatas untuk mengetik, membuat surat maupun aktivitas lainnya untuk menunjang pekerjaan Anda di kantor, maka semua program Microsoft Office seperti Word, Power Point, Excel atau Access maupun sedikit pengetahuan mengenai internet sudah mumpuni dalam membantu meringankan pekerjaan Anda.

  1. Mematikan komputer

Tahapan mematikan komputer terdiri dari beberapa langkah yang perlu diperhatikan yakni:

  • Tutup semua aplikasi yang tadi Anda gunakan
  • Silahkan klik menu start atau logo Windows pada bagian pojok kiri bawah
  • Pilih shutdown, tunggu sesaat hingga komputer benar-benar mati
  • Setelah komputer Anda benar-benar mati, tekan tombol yang ada di speaker maupun monitor, stabilizer termasuk perangkat komputer yang lainnya
  • Setelah itu cabut kabel yang terhubung dari stop kontak. Tujuannya adalah menghemat daya dan juga mengantisipasi korsleting listrik
  • Semua langkah di atas perlu dilakukan secara bertahap dan berurutan. Menyalakan maupun juga mematikan komputer dengan baik akan membuat usia komputer Anda lebih lama dan fresh jika harus Anda gunakan setiap saat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *