Teknik Mudah Dan Cepat Dalam Budidaya Ayam Bangkok

Teknik Mudah Dan Cepat Dalam Budidaya Ayam Bangkok – Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya harga jual dari ayam ini berada di atas ayam-ayam pada umumnya. Oleh sebab itu banyak orang yang tergiur dan ingin melakukan budidaya ayam bangkok.

bangkok

Namun untuk melakukan budidaya ayam bangkok bukan perkara yang gampang. Ada hal-hal yang harus diperhatikan jika hendak melakukan budidaya hewan ternak yang satu ini. Untuk mendapatkan ayam bangkok yang berkualitas diperlukan indukan yang berkualitas pula.

Selain itu, untuk mendapatkan indukan yang berkualitas, pembudidaya juga harus paham mengenai jenis-jenis dan karakteristik dari ayam bangkok. Jangan sampai tertipu dengan ayam yang harganya mahal namun belum tentu memiliki kualitas yang bagus dan cocok untuk dijadikan indukan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih indukan ayam bangkok untuk budidaya. Yang pertama adalah memilih ayam yang sehat tentunya. Tidak sakit dan memiliki bentuk fisik yang bagus. Biasanya ayam yang sehat bisa dikenali dari ciri-cirinya yang nampak agresif. Bagi para pemula sebaiknya mencari informasi lebih banyak kepada orang-orang yang memang sudah lama berkecimpung di dunia budidaya ayam bangkok.

Setelah menemukan indukan yang dirasa pas. Selanjutnya siapkan kandang umbaran untuk proses perkawinan indukan jantan dan betina. Kandang umbaran sebaiknya jangan berbentuk box. Lebih baik kandang yang bebas dengan ukuran lebar agar proses perkawinannya berjalan secara alami.

Sembari menunggu proses perkawinan, buatkan kandang untuk anak ayam, agar nanti saat ayam betina sudah bertelur dan menentas, anak ayam bangkok bisa langsung dipindahkan ke tempat anakan. Selama masa perkawinan indukan, berikan makanan yang bergizi cukup agar kesehatan ayam tetap terjaga.

Ada tips yang perlu diketahui bahwa saat indukan mengerami telur, sebaiknya disirami sedikit air agar indukan mau kawin lagi. Hal tersebut bisa dilakukan agar indukan dapat bertelur lebih banyak lagi, sampai tiga kali bertelur.

Namun pemberian air kepada indukan ayam yang sedang mengerami telur jangan terlalu banyak, karena akan membuat indukan ayam tidak mau mengerami telurnya lagi. Jika ayam sudah bertelur dan menetas, usahakan untuk segeran memindah anakan agar indukan mau mengerami telur yang baru.

Untuk mengawinkan ayam bangok, diperlukan sedikit bantuan peternak yakni dengan memegangi indukan betina dan membiarkan indukan jantan mengawinnya. Hal ini bisa dilakukan untuk mempermudah proses perkawinan. Perbandingan indukan jantan dan betina adalah tiga banding satu. Karena satu ayam jantan bisa mengawini 3 hingga 4 indukan betina.

Indukan ayam betina akan bertelur seminggu setelah dikawin. Telur yang dihasilkan biasanya tidak lebih dari 20 butih sekali bertelur. Berbeda dengan ayam kampung yang bisa mencapai 40 telur setiap periode penelurannya.

Penetasan telur ayam bangkok bisa dilakukan secara alami dengan membiarkan indukan mengerami telurnya, atau bisa juga dengan menggunakan mesin pengeram telur. Kelebihan menggunakan mesin adalah meminimalisir terjadinya kerusakan seperti pecah pada telur.

Dalam kondisi normal, telur ayam akan menetas selama kurang lebih 21 hari setelah dierami induknya. Setelah anakan menetas dan berumur dua hari, baru bisa dipindah ke kandang anak ayam yang telah disediakan. Kandang anakan ayam usahakan untuk diberi lampu penerangan agar terjaga suhunya.

Selama proses perkembangan anakan ayam, beri pakan yang halus dan mengandung gizi yang cukup agar pertumbuhannya tetap terjaga.

Baca Artikeel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Teknik Mudah Dan Cepat Dalam Budidaya Ayam Bangkok

    1. Mas Joko Post author

      Sampai saat ini sulit sekali untuk memaksilmalkan hasil terur jantan atau betina, baik menggunakan teknologi ataupun tidak, namun saya kurang tahu perkembangannya saaat ini gimana, untuk di indonesia sendiri belum ada teknologi tentang itu.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *