Teknik Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Nangka

Teknik Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Nangka – Nangka merupakan salah satu jenis tanaman buah yang disukai banyak orang. Namun siapa sangka dibalik rasa manis dan legitnya buah nangka, dibutuhkan kerja keras yang ekstra untuk merawat dan mengelola pohonnya. Sebab, berbagai macam hama dan penyakit dapat mengancam kualitas tanaman nangka sehingga pertumbuhan dan hasil panen yang didapat tidak akan maksimal. Untuk itu, hama dan penyakit tanaman nangka perlu anda kenali untuk memperoleh solusi tepat agar nangka tetap tumbuh dan bisa dipanen dengan baik.

a

Hama tanaman nangka

Terdapat berbagai jenis hama yang mengganggu tanaman nangka. Salah satunya yaitu ulat diaphania caesalis atau ulat penggerek pucuk. Hama yang satu ini membuat terowongan hingga ke kuncup, bagian pucuk muda dan buah. Untuk menghentikan hama yang satu ini, anda perlu memotong bagian yang terserang hama agar rantai kehidupan ulat dapat terputus dengan segera. Selain itu, buah nangka yang sudah tumbuh harus dilindungi dan dibungkus atau disemprot insektisida supaya lubang yang dihasilkan ulat-ulat tersebut bisa segera sirna dan buah nangka tetap bisa dipanen dengan bentuk dan kondisi yang baik.

Selain hama ulat, ada juga beberapa jenis hama lainnya seperti serangga penghisap, kutu tepung, ulat perekat daun. Tak hanya itu saja, ada juga hama lainnya yaitu:

  • Kumbang belalai coklat atau weevil yang menyerang kuncup tanaman nangka, perlu ditangani dengan insektisida.
  • Lalat buah, menyerang buah nangka dan harus diatasi dengan melindungi buah nangka dari serangan hama tersebut.
  • Kepik, menghisap cairan tanaman yang masih muda dan wajib dicegah dengan memakai insektisida yang tepat dan berkualitas.

Penyakit tanaman nangka

Bakteri mati bujang merupakan salah satu musuh tanaman nangka. Bakteri tersebut menyerang pohon nangka pada bagian pucuk dab terus menerus turun pada bagian pohon lainnya. Selain itu, ada juga sejenis jamur yang dapat membuat akar dan batang tanaman nangka membusuk sehingga menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi para pembudidaya nangka jika jamur tersebut muncul.

Sementara itu, penyakit yang sering mengganggu tanaman nangka adalah Corticium salmonicolor, Ikain Colletotrichum lagenarium, Phomopsis artocarpina, dan Septoria artocarpi. Penyakit tersebut biasanya datang di musim penghujan. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan memotong bagian yang terkena serangan penyakit agar masalah yang ditimbulkan bisa diantisipasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai hama dan penyakit dari tanaman nangka yang wajib anda ketahui. Sebelum masalah tersebut benar-benar timbul dan terjadi, anda harus memastikan bahwa kondisi lahan dan sekitar tanaman diperhatikan dengan baik, pastikan pemupukan dilakukan dengan maksimal dan sanitasi dijalankan dengan sempurna. Dengan begitu, resiko hama dan penyakit dapat dihindari dengan segera, tanaman senantiasa sehat dan hasil panen nangka yang diperoleh pun terasa maksimal.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *