Teknik pengendalian hama dan penyakit tanaman bayam

Teknik pengendalian hama dan penyakit tanaman bayam – Bayam merupakan sayuran yang sangat banyak di konsumsi oleh masyarakat karena selain enak untuk di jadikan sayuran juga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Namun untuk mendapatkan sayuran bayam yang berkualitas, tanaman bayam harus terhindar dari hama dan penyakit.

1

Hama dan penyakit pada tanaman bayam sering membuat para petani bayam kesal karena dapat menurunkan kulitas dan produksi tanaman bayam anjlok. Hal inilah yang mendorong saya ingin mengulas tentang hama dan penyakit pada tanaman bayam, serta bagaimana cara pengendaliannya. Beberapa pertanyaan yang sering hinggap pada petani bayam atau anda yang ingin mencoba menanam sayuran bayam antara lain sebagai berikut:

  • Hama apa saja yang bisa menyerang tanaman bayam?
  • Penyakit apa saja yang dapat menyerang tanaman bayam?
  • Jenis gulma apa yang menyerang tanaman bayam?
  • Bagaimana cara mengatasi atau menanggulangi hama dan penyakit tanaman bayam?

Dengan ulasan ini saya berharap bisa memberikan manfaat untuk kita semua, terutama bagi para petani tanaman bayam, supaya mengetahui lebih jelasnya, berikut ulasan saya tentang hama dan penyakit pada tanaman bayam.

Semoga para pembudidaya bayam, Mengetahui Hama apa saja yang bisa menyerang tanaman bayam, Mengetahui penyakit apa saja yang dapat menyerang tanaman bayam, Mengetahui Jenis gulma apa yang menyerang tanaman bayam, Mengetahui Bagaimana cara mengatasi atau menanggulangi hama dan penyakit tanaman bayam.

Hama

  1. Serangga ulat daun (Spodoptera Plusia Hymenia)
  • Gejala: adanya ulat yang banyak dan membuat daun bayam berlubang.
  • Penanggulangan: Dengan cara menyemprotkan pestisida atau bisa membuang ulat daun sampai bersih.
  1. Serangga kutu daun (Myzus persicae Thrips sp.)
  • Gejala: Terdapat kutu pada daun bayam, yang menyebabkan daun bayam menjadi rusak dan berlubang jika di biarkan terlalu lama.
  • Pengendalian: Dengan cara menyemprotkan pestisida pada tanaman bayam, dan menjaga kebersihan lahan.
  1. Serangga tungau (Polyphagotarsonemus latus)
  • Gejala: Adanya serangga tungau pada batang maupun daun bayam yang mengakibatkan daun menjadi layu dan rusak berlubang.
  • Pengendalian: masih sama yaitu dengan menyemprotkan pestisida pada tanaman yang terserang hama.
  1. Serangga lalat (Liriomyza sp.)
  • Gejala: banyaknya lalat pada lahan tanaman bayam dapat menimbulkan larva yang bisa mengakibatkan tanaman bayam menjadi mati dan busuk.
  • Penanggulangan: semprotkan pestisida pada tanaman bayam yang di kerubungi oleh lalat.

Penyakit

  • Rebah kecambah.

Penyebab: Bakteri cendawan Phytium sp.

Gejala: meinfeksi seluruh tanaman bayam dari akar, batang dan daun.

Pengendalian: penyemprotan Fungisida

  • Busuk basah.

Penyebab: Bakteri cendawan Rhizoctonia sp.

Gejala:terdapat bercak putih pada daun bayam.

Pengendalian: penyemprotan Fungisida

  • Karat putih.

Penyebab: Bakteri cendawan Choanephora sp.

Gejala: menginfeksi batang dan daunnya.

Pengendalian: penyemprotan Fungisida

Gulma

  • Jenis gulma: rumput-rumputan, alang-alang.

Ciri-ciri: lahan tanaman bayam banyak di tumbuhi rumput liar dan alang-alang.. Gejala: tanaman bayam menjadi kurang sehat/pertumbuhannya kurang maksimal. Pencegahan: Penyemprotan herbisida, pencabutan rumput langsung pada lahan.

Pengendalian dan Upaya Pencegahan Hama dan Penyakit

Teknologi yang sampai saat ini masih sering di gunakan yaitu dengan penyemprotan insektisida sebab mudah pengapilikasiannya dan hasilnya pun langsung dapat di lihat. Tetapi teknologi ini merupakan tenologi mahal bagi petani bayam di Negara berkembang. Namun teknologi insektisida ini dapat berbahaya bagi manusia, hewan maupun species , jika tidak dilakukan secara prosedur.

Upaya mencegah timbulnya Hama dan Penyakit

  • Secara eksternal : Dengan cara menjaga kebersihan lahan bayam dari hama, rumput liar, serta menjaga lahan bayam tetap subur dan menjaga kelembapan tanah. Pengawasan sejak dini dalam kebersihan lahan tanaman bayam akan menjuhkan lahan bayam dari ancaman hama dan penyakit.
  • Secara internal: perawatan pada tanaman bayam antara lain penyiraman , pemupukan agar tanaman bayam tumbuh dengan sempurna.

Semua jenis tanaman pasti bisa terserang hama dan penyakit. Jika kita tanggap akan kebersihan lahan tanam dan melakukan perawatan internal(pemupukan, penyiraman, penyulaman) secara rutin secara tidak langsung dapat melindungi tanaman kita dari serangan hama dan penyakit yang dapat menimbulkan kerugian.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *