Teknik Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Sirsak

1Teknik Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Sirsak – Mungkin banyak diantara anda yang sudah tak asing lagi dengan buah sirsak, buah yang satu ini bisa dengan mudah dijumpai di pasaran dan bukan tergolong sebagai buah musiman, jadi kapanpun bisa anda dapatkan, namun harga yang ditawarkan untuk perbuahnya juga tak bisa dikatakan murah, mengingat proses penanaman yang cukup sulit disertai dengan perawatannya, namun tak perlu khawatir karena anda bisa membudidayakan buah yang satu ini sendiri, tak perlu banyak, hanya tinggal menyesuaikan dengan lahan yang anda miliki.

Umumnya pembudidayaan buah yang satu ini tergolong sama dengan buah-buah yang lain, mangga misalnya. Namun tak sembarangan lahan san juga cuaca akan cocok.

Selain dikenal sebagai buah dengan rasa masam sirsak ini ternyata juga dikenal sebagai buah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, baik itu untuk mencegah penyakit atau juga mengobati. Namun tak hanya berasal dari daging buahnya saja yang bermanfaat melainkan juga semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, misalkan saja bijinya dan juga daunnya. Sudah banyak yang membuktikan khasiat dari bagian-bagian sirsak tersebut.

Pada saat melakukan budidaya tanaman ini tentunya tak lepas dari serangan [penyakit dan juga hama, biasanya untuk sirsak sendiri jenis hama yang sering menyerang adalah ulat dan juga gulma, mengingat dari ketahanan daun dan juga batangnya sangat kuat, didalamnya ada sebuah zat yang bisa menjadi pestisida alami untuk diri mereka sendiri. Lalu bagaimana dengan cara mengatasi hama-hama tersebut.

Caranya cukup mudah yaitu secara rutin anda bisa melakukan penyemprotan menggunakan pestisida yang aman dan dosis yang tidak banyak, mengingat sirsak telah mengeluarkan pestisida alaminya. Cara paling mudah lainnya juga bisa dengan melakukan penyemprotan menggunakan air secara berkala, saat musim kemarau, mengingat pada saat ini akan ada banyak gula yang menempel.

Perawatan tanaman sirsak memang bergantung pada jenis penyakitnya, jika pada musim kemarau akan ada banyak gulma yang menyerang maka sebaliknya, pada musim penghujan akan ada banyak ulat yang menyerang buah, jadi anda akan sering kali mendapati bagian buah yang belum matang sempurna secara langsung mengalami pembusukan dari dalam, hal inilah yang menyebabkan banyak yang rugi dalam membudidayakan sirsak di musim ini.

Namun jangan khawatir karena ada beberapa jenis obat untuk ulat yang bisa anda dapatkan dipasaran, jadi hasil yang diberikan bisa tetap bagus dengan keuntungan yang juga berlimpah.

Nampaknya peluang untuk membudidayakan buah tersebut bisa anda coba, mengingat harga yang ada di pasaran juga tak tergolong murah, jika anda memiliki kebun dengan luas 3×4 meter saja maka tinggal menghitung nilai uangnya, mengingat mereka akan berbuah secara teratur dengan ukuran yang besar.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *